Kadang-kadang ketika datang ke bali untuk berlibur anda akan menemukan bahwa daerah tujuan anda sudah penat dengan wisatawan lain yang datang, nah untuk anda yang tidak terlalu kepadatan anda bisa datang ke Ubud, karena Ubud bisa dibilang versi nyaman dari daerah Kuta yang sekarang sudah sangat padat.

Dikenal sebagai jantungnya seni dan budaya Bali, Ubud memiliki berjuta pesona yang akan membuat siapapun jatuh hati. Baik berkunjung seorang diri, ataupun liburan dengan keluarga, tanpa harus bepergian jauh-jauh, di Ubud Anda akan menemukan banyak atraksi wisata memikat dengan beragam aktivitas untuk semua orang. Berikut adalah 5 kegiatan wisata yang bisa anda coba di Ubud.

  1. Zen Hideaway

Zen Hideaway terletak sekitar 20 menit dari pusat Ubud, Zen Hideaway menawarkan pengalaman menginap yang berbeda dari yang lain. Penginapan ini dibuat dari kayu jati berusia 150 tahun. Zen Hideaway cocok untuk anda yang ingin menikmati pengalaman megninap dengan ketenangan dan kedamaian sambil menikmati udara segar Ubud dengan hampir seluruh ruangan dibuat semi-terbuka, karena sejauh mata memandang yang nampak hanyalah Sungai Ayung, air terjun, hamparan sawah, dan Gunung Agung yang berdiri anggun.

Namun hal yang paling menarik dari penginapan satu ini adalah adanya ayunan yang tergantung di antara batang pohon kelapa, tepat disisi bukit sambil menikmati keindahan Sungai Ayung di bawah anda.

  1. Air Terjun Tegenungan

Kalau anda suka dengan air terjun maka Air Terjun Tegenungan yangada di Ubud adalah tempat yang cocok untuk anda. Air Terjun Tegenungan adalah salah satu favorit wisatawan, karena rimbunan pepohonan hijau serta aliran air sejuk nan menyegarkan yang tiada habisnya membuat tempat yang indah ini sangat layak untuk dikunjungi.

Air terjunnya sendiri memiliki ketinggian 15 meter dan di sebelah air terjunnya anda tempat yang bisa di gunakan para pengunjung untuk terjun bebas ke kolamnya dan bisa menjadi pengalaman sekali seumur hidup. Tapi anda tidak diharuskan untuk mencoba terjun ke kolamnya, karena bisa dibilang cukup berbahaya dan bisa berakibat fatal.

Dari pusat kota Ubud, arahkan kendaraan Anda menuju Sungai Petanu di Desa Tegenungan, Gianyar. Untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini dari dekat, di dekat sungai Anda harus menuruni beberapa buah anak tangga. Tiket masuk ke Air Terjun Tegenungan hanya Rp. 10.000.- per orang.

  1. Eco Tour : Green Village Bali

Memang sebagian besar desa di Bali bisa dibilang ‘green’ village karena daerah sekitarnya yang masih banyak sawah. The Green Village didirikan pada tahun 2006 oleh desainer perhiasan John Hardy sebelum akhirnya diambil alih oleh sang putri. Hasilnya? Sejumlah bangunan keren yang terbuat dari bambu yang tampak menyatu dengan alam sekitar Lembah Ayung.

Tur yang disediakan The Green Village mengajak anda untuk belajar tentang eco-project, seperti mengunjungi bengkel bambu di sini anda bisa melihat secara langsung proses bagaimana dari sebuah batang bamboo berubah menjadi aneka material bangunan dan furnitur.

Di The Green Village ini juga terdapat Green School di mana Anda bisa mengikuti workshop dan berbagai aktivitas bertema lingkungan lainnya. Dan untuk anda yang suka bercocok tanam anda bisa datang ke Kul Kul Farm untuk belajar tentang premakultur dan pertanian yang berkelanjutan.

Lokasi dari The Green Village adalah Jl. Tanah Ayu , Sibang Gede, Abiansemal, Badung, Bali 80352. Jam Tur pagi 10.00 dan Jam Tur siang 12.30. Harga tur untuk dewasa $28 (Pagi) dan $33 (Siang), untuk anak-anak $17 (Pagi), dan $20 (Siang). Untuk anak dibawah 10 tahun tidak dikenakan biaya.

  1. Riverside Café Four Seasons

Riverside Café sesuai dengan namanya terletak tepat di tepi sungai dan merupakan tempat yang asik untuk menghabiskan sore hari Anda. Menikmati aneka santapan menggugah selera serta cocktail lezat dan pizza yang di masak dengan kayu bakar sehingga mengeluarkan aroma yang menggugah selera, sembari ditemani hawa sejuk dan suara gemericik air sungai.

Pada malam hari Riverside Café menyajikan santapan ala Mediterranean Bistro dengan pilhan daging sapi atau domba dari australia yang dipanggang serta salad yang menyegarkan. Lokasi dari Riverside Café berada di Jl. Raya Sayan, Ubud, Bali 80352. Harga mulai dari Rp. 700.000.- untuk 2 orang.

  1. Sawah Tegalalang

Tempat yang satu ini juga adalah tempat yang cocok untuk anda yang ingin menikmati suasana sejuk dengan pemandangan sawah yang memukau mata. Untuk anda yang ingin ke Sawah Tegalalang anda harus berkendara sekitar setengah jam ke utara Ubud. Dari pasar seni Ubud Anda menuju timur hingga bertemu persimpangan yang ada patungnya, lalu lanjutkan ke arah utara.

Pemandangan terasering yang berada tepat di lereng bukit ini menampilkan panorama yang sungguh memukau dan menakjubkan. Hamparan sawah yang begitu tentram dan damai ini pastinya akan membuat suasana hati Anda lebih tenang dan membuat lupa akan segala masalah yang menghadang.