Liburan di Lombok, Cobalah untuk melihat keindahan Lombok dari ketinggian. Tempat itu adalah Bukit Pelolat yang menawarkan pemandangan Mataram dan garis pantainya.

Wilayah perbukitan di sekitar Kota Mataram menawarkan keindahan memukau dari ketinggian. Garis pantai yang panjang dengan kapal-kapal besar bersandar di tengah laut menjadi hiasannya akan terlihat jelas dari Bukit Pelolat.
Jika kalian berkunjung ke daerah sini, seluruh Kota Mataram terlihat jelat jelas dari ketinggian di perbukitan. Di sini kalian bisa melihat gedung – gedung atau bangunan – bangunan nan indah dari perbukitan.

Selain melihat kota dan pesisir pantai dari bukit ini, kalian juga bisa melihat sederet perbukitan, dan juga tak kalah menakjubkan kalian juga bisa melihat Gunung Rinjani bisa terlihat jelas dengan mata telanjang dari tempat ini. Pastinya di saat cuaca sedang cerah dan tak berawan.

Untuk masalah akses jalan menuju je atas, kalian tidak perlu hawatir. Akses jalan yang akan kalian lalui terbilang cukup bagus untuk daerah perbukitan. Sepanjang perjalanan akan menembus hutan desa yang masih asri. Tidak kurang membutuhkan 30 menit waktu tempuh dari Kota Mataram.
Di samping ke eksotisan alam Bukit Pelolat pasti sering kali ada saja cerita mistis di dalamnya. Percaya tidak percaya menurut warga sekitar konon, pada batu besar di puncak bukit ini menjadi tempat jin besar menapakkan kakinya.
Bahasa atau nama Pelolat itu adalah bahasa Sasak yang berarti licin. Karena sehabis hujan jalanan menuju bukit menjadi licin. Itu asal usul namanya. Waktu yang pas ke sini adalah selepas hujan karena awan dan kabut menghilang sementara.

Warga setempat diketahui masih belum menggarap potensi wisata yang ada. Mereka sebagian besar bekerja di kota dan lainnya menggarap hutan sebagai petani. Pada bukit yang lebih dekat dengan pantai, sudah banyak terdapat vila-vila yang pemandangannya tentu menghadap langsung ke arah pantai.