Jalan-jalan ke Lombok cobalah berkunjung ke Desa Nelayan dimana Desa tersebut adalah desa dimana para Nelayan menetap dan melakukan kegiatan sehari-harinya. Namanya adalah Desa tanjung luar merupakan salah satu desa yang Berkecamatan di Keruak, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Di Desa ini pula terdapat Pasar Ikan yang mana anda dapat mendapatkan berbagai macam ikan bahkan anda dapat menemukan Ikan Hiu yang diperjual belikan di Pasar ini. Tangkapan di Pasar ini tentunya masih segar-segar, dan saat yang tepat untuk anda berkunjung ke Pasar ini adalah pada saat pagi hari dimana ikan-ikan yang diperjual belikan masih sangat segar, dibawa langsung oleh nelayan.

Desa Tanjung luar juga dikenal sebagai salah satu Desa tempat penangkapan Hiu yang terkenal di Lombok. Nelayan yang ada di tempat ini adalah orang-orang khusus penangkap ikan hiu.  Hiu yang telah ditangkap oleh para nelayan tersebut kemudian akan dijual ke berbagai daerah, bahkan ke luar negeri. Misalnya sirip hiu yang diekspor ke Hongkong, harga sirip hiu sendiri sangat mahal, sehingga ini menjadi salah satu sumber perekonomian terbesar masyarakat Tanjung Luar.

Keunikan lain yang terdapat di Desa Nelayan Tanjung Luar ini adalah adanya Ritual Nyalamak Dilau, dapat diartikan sebagai Syukuran Laut. Kegiatan yang dilakukan dalam ritual ini adalah melarung kepala kerbau ke tengah laut. Ritual ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur sekaligus pengharapan agar hasil ikan tangkapan masyarakat setempat yang bekerja sebagai nelayan meningkat. Prosesi yang digelar masyarakat keturunan Suku Bajo di Desa ini sudah dilakukan secara turun temurun sejak 400 tahun silam.

Dan ketika Tiga hari setelah melarung kepala kerbau tersebut dan atas izin Sandro, para nelayan setempat baru boleh melaut kembali. Jika ada yang melanggar aturan ini akan diberikan sanksi denda dan penyiataan seluruh hasil tangkapan laut. Tradisi ini biasanya dilakukan pada bulan Muharram. Biaya yang digunakan untuk menggelar prosesi ini tidaklah sedikit yakni sekitar Rp. 35 juta atau bahkan lebih dari itu.