Suasana pedesaan di sekitar Ubud Bali dapat memberikan nuansa Bali yang sesungguhnya kepada wisatawan. Banyak wisatawan asing yang senang tinggal berlama-lama di tempat ini karena keunikannya, budayanya dan keindahan alamnya dan keramahan penduduknya. Kawasan ini memang sengaja untuk sedikit dijauhkan dari pembangunan pariwisata modern.

Nyuh Kuning adalah salah satu desa di kawasan Ubud di mana anda dapat melihat kehidupan Bali yang sesungguhnya, walaupun sedikit sulit dicapai, namun tempat ini cukup strategis karena berada tepat di belakang objek wisata Monkey Forest. Terdapat beberapa hotel & resort yang di tempat ini yang didesain sedemikian rupa sehingga terlihat membaur dengan lingkungan sekitar sehingga tidak merusak keunikan desa. Beberapa diantaranya ialah Alam Shanti, Villa Sonia dan Ubud Wana Resort.

Wisatawan yang datang atau menginap di tempat ini umumnya menggunakan sepeda atau motor untuk menikmati keindahannya, setiap jalan dan gang memberikan nuansa Bali yang kental dengan umbul-umbul dan arsitektur bangunan yang khas, penduduk di sini juga sangat ramah dan menjunjung tinggi budaya setempat. Karena letaknya yang tepat di belakang Monkey Forest, di Nyuh Kuning kadang kita dapat melihat monyet yang berkeliaran di jalanan, suasana seperti ini memberikan keunikan tersendiri.