Desa Pengrajin Bambu di Lombok

Jika sebelumnya kami pernah membahas mengenai Desa Pengrajin Mutiara dan Desa Nelayan, kali ini salah satu desa wisata unik yang dapat anda kunjungi adalah Desa tempat pengrajin Bambu.

Loyok adalah sebuah desa yang menjadi pusat sentra bisnis industri kerajinan khas Lombok. Jenis kerajinan tersebut, yakni kerajinan bambu, rotan, kerajinan kayu, dan beberapa kerajinan unik yang merupakan hasil karya dari masyarakat pengrajin yang ada di wilayah ini.

Desa wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara dan domestik ini terletak di wilayah Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Desa Loyok terdiri dari 5 dusun, yaitu Dusun Loyok, Dusun Mangkling, Dusun Ajan, Dusun Lelupi, dan Dusun Wengkang.

Para Pengrajin di Desa ini sangat mahir dalam membuat kerajinan dari Bambu maupun Rotan, saat anda mengunjungi Desa ini anda akan menjumpai banyak sekali artshop yang memamerkan kerajinan mereka yang membuat anda tentunya pasti tertarik untuk membeli kerajinan-kerajinan tersebut yang ingin dibawa pulang sebagai hadiah maupun hiasan rumah dan lain-lain, dan tentunya anda dapat membelinya dengan harga yang terjangkau.

Karena sebagian besar warga desa loyok berprofesi sebagai perajin anyaman bambu, dan dari tangan-tangan trampil mereka dihasilkanlah berbagai macam produk anyaman bambu maupun rotan, Kerajinan-kerajinan ini memiliki Nilai seni dan keunikan yang luar biasa, sehingga pruduknya dapat menembus pasar ekspor dan juga digunakan oleh berbagai macam Hotel berbintang Lima maupun café-café di Lombok.