Tidak hanya keindahan dari Lombok, Pantai dan Pemandangannya. Lombok dikatakan sebagai salah satu Pulau Penghasil Mutiara terbaik di Dunia.

Bagi anda yang tertarik untuk melihat-lihat Mutiara hasil dari Lombok, anda dapat mengunjungi salah satu Desa pengrajin mutiara yaitu Sekarbela. Berada di Kelurahan Karang Pule, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram. Di Desa ini Anda dapat mengunjungi toko-toko yang menampilkan hasil kerajinan mutiara. Mulai dari butiran mutiara, hingga mutiara yang terbalut logam mulia yang berbentuk perhiasan. Seperti anting-anting, kalung, dan gelang.  Anda juga dapat mendapatkan perhiasan yang terbuat dari bahan lain, seperti Batu Safir atau Batu Kecubung.

Selain mencuci mata dan berbelanja perhiasan, Anda juga dapat melihat proses pembuatannya. Salah satu toko yang akan menerima Anda untuk melihat proses pembuatannya adalah Toko Mutiara Lombok, yang berlokasi di Jl. Sultan Kaharuddin, Mataram. Di toko tersebut anda dapat menyaksikan bagaimana mutiara dipadu dengan emas, perak, dan logam lainnya menjadi sebuah perhiasan. Proses pembuatannya terbilang sederhana. Namun kualitasnya dapat ditandingkan dengan perhiasan yang dibuat secara modern.

Jika anda tertarik untuk memiliki perhiasan dari mutiara dan menginginkan perhiasan yang dibuat berdasarkan pesanan anda, anda dapat meminta para pengrajin di desa ini untuk membuat perhiasan yang anda inginkan, Baik dari bentuk maupun bahan perhiasan. Untuk desain yang simpel, anda dapat menunggu proses pembuatan perhiasan selama 3 hari saja. Namun untuk desain yang relatif rumit, Anda harus menunggu sampai 1 minggu.

Untuk harga, Mutiara Laut cenderung lebih mahal dibandingkan dengan Mutiara Air Tawar. anda bisa mendapatkan Mutiara Laut dengan harga mulai Rp. 100.000,- hingga Rp. 500.000,- per gram-nya. Sedangkan untuk Mutiara Air Tawar, Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp. 15.000,- per butir.