Jika kalian sering bolak balik liburan di Bali, memang sangat membosan liburan selalu ke Pantai, kalian bisa mencoba Wisata Kayu Putih di daerah Tabanan, Bali. Di sana, ada pohon beringin yang kira – kira berusia ratusan tahun yang bentuknya sungguh menarik.
Wisata Kayu Putih berada di Desa Baru, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali. Area objek wisata ini memang tidak begitu luas, tapi ada sebuah pohon yang membuatnya menarik perhatian turis.

Masyarakat sekitar menyebutnya dengan Pohon kayu putih. Untuk mencapai pohon ini, hanya perlu jalan kaki sebentar saja dari jalan raya.

Kayu putih itu merupakan pohon beringin dengan nama ilmiah Ficus benjamina. Pohon tersebut usianya telah mencapai ratusan tahun, tapi masih berdiri kokoh hingga sekarang.

Orang di sini bilangnya kayu putih karena kayunya warna putih. Ini sudah 500 tahun.

Pohon itu akar-akarnya telah menjalar kemana-mana dan menancap kuat di dalam tanah. Yang membuatnya tampak unik adalah batangnya yang lebar dan tampak saling melengkung seperti membentuk ruang-ruang yang bisa dimasuki.

Jadi tak usah heran jika banyak yang datang ke sini, begitu tertarik untuk memotret keindahan alami pohon tersebut. Para turis juga ada yang mendekat ke batang dan akar pohon untuk berfoto dengan berbagai pose.
Pohon yang berusia ratusan tahun ini sendiri disakralkan oleh penduduk setempat dan masih terawat dengan baik, bebas dari vandalisme. Sebuah pura dibangun di sebelahnya, namanya Pura Babakan. Nah, pemilihan nama Babakan sendiri berasal dari kulit batang pohon yang disayat atau dibabak.

Konon, kulit batang pohon tersebut bermanfaat untuk menyembuhkan beragam penyakit. Kulitnya disayat kemudian dihaluskan lalu dilumurkan di bagian tubuh yang sakit.