Nusa dalam bahasa daerah lokal Bali mempunyai arti sebagai pulau-pulau kecil. Nah sebagaimana yang dimilikinya Nusa Penida bisa dibilang sebagai pulau kecil tetapi masih lebih besar dari 2 pulau yang berada disebelahnya.

Kali ini kami akan membahas apa saja hal-hal yang bisa anda lakukan selama anda berada di Nusa Penida. Silahkan simak ulasan kami dibawah.

Hal pertama yang pasti anda bisa lakukan adalah snorkeling dan diving. Dengan airnya yang berwarna biru dan jernih diisi dengan satwa laut yang lucu-lucu, anda tidak akan bosan. Baik dengan peralatan yang anda miliki sendiri, penyewaan alat-alat selam dan snorkeling banyak tersedia. Tetapi hati-hati untuk kegiatan diving, sewalah jasa guide yang bisa menuntun anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena anda berada di perairan yang belum anda pahami.

Terdapat 2 spot terkenal di pulau ini yaitu manta point dimana anda bisa bertemu dan berkesempatan untuk berenang bersama pari raksasa. Lalu spot kedua adalah crystal bay yang terkenal dengan ikan mola-molanya yang berkuran rakasa atau disebut juga sunfish.

Kegiatan kedua yang bisa anda lakukan adalah berenang kembali ditempat bernama angel’s billabong. Angel’s Billabong merupakan bidadarinya Pulau Nusa Penida. Kata Billabong yang diambil dari Bahasa Inggris ini berarti “ Ujung Dari Sebuah Sungai Yang Buntu”.

Seperti dengan arti kata Billabong itu sendiri sungai di tempat wisata ini bentuknya bercabang-cabang dan tidak menutup kemungkinan jika terjadi salah satu cabangnya buntu. Tempat ini merupakan muara akhir dari sebuah sungai di Pulau Nusa Penida yang bermuara terlebih dahulu sebelum air sungai tersebut sampai ke lautan lepas. Di muara sungai ini permukaan airnya sangat tenang dan jernih. Selain itu terdapat pula cerukan-cerukan yang membentuk kolam secara alami yang sangat indah dan cantik dan mungkin belum tentu dapat ditemukan di tempat lain. Dengan berciri khas artistik dan berbatu karang berwarna hijau kuning akan menambah keeksotisan dari Angel’s Billabong ini.

Kemudian hal selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah mengunjungi Pura Goa Giri Putri. Tempat ini sama dengan pura-pura lainnya yang ada dilain tempat. Bedanya adalah dari letaknya yang berada di dalam gua. Berlokasi di daerah bernama Suana, mungkin bisa anda masukkan kedalam daftar temptat yang harus anda kunjungi setelah selesai berenang.

Tempat terakhir yang akan kami sarankan tanpa berenang adalah pantai Banah. Pantai yang satu ini terbilang unik dikarenakan memiliki tebing yang berlubang. Untuk bisa menikmati pemandangannya yang seutuhnya maka anda harus sedikit memanjat ke puncak dari tebing Banah. Memang sedikit melelahkan tetapi jika sudah diatas semua akan terbayarkan. Jika anda ingin kesini anda bisa langsung menuju  wilayah Banjar Salak, Desa Batumadeg.

Nah itulah sedikit tips umum yang bisa kami berikan kepada anda. Jika anda berminat untuk berlibur ke Nusa Penida, kalian bisa intip website kami di www.liburanbali.co.id untuk info-info dan tips-tips liburan lainnya.

Oiya silahkan cek artikel kami yang sebelumnya yang mengulas tentang transportasi yang bisa anda gunakan untuk bisa sampai ke pulau ini.