Liburan Sambil Bekerja di Bali? Berikut 6 Alasan Kamu Harus Mencoba Bekerja di Bali.

Berwisata ke Bali, sudah biasa. Lakukan sesuatu yang lebih keren, seperti bekerja sambil liburan di Ubud, Bali.

Bali. Mendengar nama pulau ini disebut, yang ada di bayanganmu adalah belanja, jalan-jalan dari pantai satu ke pantai yang lain, atau leyeh-leyeh seharian di kamar hotel. Akan tetapi, tentu kamu tetap ingin menghasilkan uang, kan? Bagaimana kalau ternyata kamu bisa memperpanjang ‘liburanmu’ dan memindahkan lokasi kantormu ke Bali?

Bukan hanya kamu yang berpikiran demikian. Sejak lima tahun terakhir, para traveler muda dari berbagai benua melihat Bali sebagai lokasi kerja kedua mereka. Seiring tren remote working atau bekerja dari mana saja, mereka yakin bisa melanjutkan pekerjaan atau memantau bisnis mereka dari Bali. Kebanyakan dari mereka memilih Ubud sebagai tempat bekerja dan tinggal untuk sementara. Penasaran mengapa para pekerja kreatif ini begitu betah bekerja di Ubud? Ini enam alasannya.

Mencari ketenangan di tengah suasana nan alami

Kalau kamu datang ke Denpasar, kamu tidak ingin melewatkan pantai yang mempesona, pusat perbelanjaan, atau berbagai destinasi wisata yang hiruk pikuk. Sementara Ubud merupakan salah satu daerah wisata di Bali yang baru berkembang sekitar sepuluh tahun terakhir. Ubud yang terletak di dataran yang sedikit tinggi masih mempertahankan persawahan. Berjalan kaki di Ubud akan membuatmu agak lelah karena jalannya naik-turun. Akan tetapi, kamu akan menemukan suasana yang alami. Banyak tempat yang dilingkupi pepohonan rimbun dan pastinya membuat pikiranmu lebih tenang dan fresh.

Menyeimbangkan antara pekerjaan dan kebugaran

Berbeda dengan Denpasar yang merupakan tujuan wisatawan yang ingin liburan, Ubud terkenal dengan berbagai tempat yoga yang menyediakan beragam kelas, baik untuk pemula sampai mahir. Kamu bisa mengatur jadwal kerjamu dan melakukan yoga di sela-sela kesibukanmu. Kalau lapar sesudah yoga, kamu bisa mampir ke restoran atau kafe yang menyajikan makanan sehat seperti raw vegan food. Pekerjaan selesai, badan pun terasa lebih bugar.

Meningkatkan fokus dan menghemat tenaga

Buat kamu yang tinggal di Jakarta, kamu tahu sendiri bahwa menghabiskan waktu di jalan akan membuat energimu terkuras. Saat kamu tiba di kantor, kamu sudah penat dan malas bekerja. Bagi para traveler yang menyebut diri mereka digital nomad, bekerja di Ubud sangat efisien dan efektif. Mereka tidak perlu berhadapan dengan kemacetan atau polusi sebagaimana di kota besar. Apalagi aktivitas malam di sini sangat dibatasi. Kamu akan jarang melihat kafe atau tempat makan yang buka hingga larut malam. Kamu pun bisa memaksimalkan waktu istirahat agar bisa menyelesaikan pekerjaan keesokan harinya.

Memilih tempat kerja sesuai keinginan

Hari ini kamu tidak masalah harus bekerja di kubikelmu. Besok kamu ingin bekerja di pantry. Besoknya lagi, kamu ingin bekerja di lobby kantor atau bahkan di taman. Apakah hal itu memungkinkan untuk dilakukan? Ubud menyediakan berbagai tempat yang bisa kamu pilih sesuai mood kamu hari itu. Kamu membutuhkan situasi yang lebih tenang dan privat untuk melakukan panggilan Skype, mau mengadakan meeting dengan tim, ingin menulis laporan sambil duduk santai di bean bag? Semua bisa kamu lakukan di Ubud!

Memperluas jaringan dengan pekerja kreatif dari seluruh dunia

Tidak perlu terkejut ketika kamu pertama kali datang ke Ubud. Sebagian orang mungkin sangat serius dengan layar laptopnya. Namun, sebagian orang lain akan senang berdiskusi tentang banyak hal. Kamu yang seorangweb developer bisa bertemu dengan desainer, pemilik startup, penulis, dan masih banyak lagi.

Menambah wawasan baru melalui berbagai event

Meskipun Ubud ‘didesain’ sebagai alternatif dari Denpasar yang riuh, bukan berarti bekerja di Ubud akan membosankan. Ada banyak event yang diselenggarakan di Ubud, dari mulai skala besar seperti Ubud Writers and Readers Festival sampai workshop bisnis atau diskusi seni. Konon, ada lebih dari 300an event dalam satu tahun. Buat kamu yang haus akan pengetahuan baru dan ingin mengembangkan dirimu, tentu kamu tidak ingin melewatkan kesempatan ini.

Lalu, baiknya bekerja dimana ya? Datang saja ke Hubud, salah satu coworking space terbaik di dunia yang berlokasi di dekat Monkey Forest. Dari mulai akses Internet super cepat, kafe dengan menu makanan sehat yang yummy, hingga berbagai pilihan ruang untuk bekerja. Hubud memahami kebutuhan para digital nomadseperti kamu.

Menurut Lonely Planet, Hubud ini juga termasuk 10 Best Co-Working Space in The World lho. Jadi, tak salah jika kamu memilih Hubud sebagai tempat kerjamu jika kamu sedang ingin bekerja dan mencari suasana tenang. Di sana pun kamu bisa bertemu dan berkenalan dengan teman baru dari berbagai negara. siapa tahu kamu bisa berkolaborasi atau bekerja sama untuk menghasilkan sebuah karya atau proyek baru.