Bayangkan Saat liburan di Bali anda cycling atau bersepeda ditempat dimana pemandanganya adalah sawah bertangga tangga, sambil menghirup udara dingin sejuk, pasti tidak akan terasa seberapa jauh jarak tempuh yang kalian lakukan dengan mengendarai sepeda. ya di Jatiluwih, sebuah obyek wisata alam yang menarik karena memiliki pemandangan alam yang indah. Jatiluwih terletak di Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Pulau Bali, Indonesia.
Pasti kalian bertanya tanya, apa sih arti dari Jatiluwih? Nama tempat ini terdiri dari kata Jati dan Luwih, yang artinya benar benar indah. Jatiluwih dengan latar belakang Gunung Batukaru, terletak pada ketinggian sekitar 700 m diatas permukaan laut dan berhawa sejuk serta suasananya terasa nyaman, bagus untuk kalian yang ingin mencari ketenangan. Sebagian besar daerahnya merupakan daerah persawahan yang dibuat seperti tangga, sehingga dikenal dengan sawah bertangga.

Wisata alam Jatiluwih ini banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara untuk menikmati keindahan alam, udara yang sejuk serta merasakan suasana pedesaan yang terasa sangat damai. Kawasan persawahan yang luas menghijau adalah sebuah daya tarik wisata alam yang indah, yang dapat ditemukan di Jatiluwih.
Apa Yang Dapat dilakukan Wisatawan Di Jatiluwih ?
Di Jatiluwih, wisatawan dapat melakukan kegiatan atau aktivitas trekking sambil menikmati suasana alam Jatiluwih yang masih natural serta melihat aktivitas masyarakat yang hampir sehari penuh disawah.
Wisatawan dapat juga menikmati atraksi budaya, contohnya melihat masyarakat lokal cara menanam padi yaitu mulai dari proses pertanian dan mapag toya, ngendag, mengolah tanah, tanam padi, mebiyukukung dan sampai panen padi. Menariknya, masih dipertahankannya padi lokal serta budidayanya masih menggunakan pupuk organik.
Gimana apa kalian ingin mencoba Liburan Bali di sini?