Liburan di Bali kurang lengkap jika anda tidak mengunjungi wisata yang 1 ini. Ya gua ini bernama goa lawah. Wisatawan di sini dapat melihat ribuan kelelawar di Pura Goa Lawah dan mendengarkan cerita gua tersebut. Di Bali terdapat banyak pura dengan keunikannya masing-masing. Salah satunya adalah Pura Goa Lawah yang terletak di Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung.

Pura Goa Lawah ini terletak di pinggir jalan By Pass Ida Bagus Mantra dan satu jalur dengan objek wisata Candidasa. Sehingga Anda bisa sangat mudah untuk menemukannya. Beberapa umat Hindu yang sedang melintas terlihat berhenti untuk beribadah dari halaman luar pura ini. Karena bagi yang tidak menggunakan pakaian adat lengkap tidak diperkenankan masuk ke areal pura. Di sekitar Pura Goa Lawah sendiri terdapat banyak pedagang yang menjual sarana peribadatan seperti canang, dupa, dan bunga.

Sejarah Nama Goa Lawah terdiri dari dua kata yaitu Goa yang artinya gua dan Lawah yang artinya kelelawar. Sesuai dengan namanya, di pura ini terdapat sebuah gua yang dihuni oleh ribuan kelelawar. Kelelawar tersebut sudah ada sejak dulu, dan masyarakat percaya jika kelelawar yang ada disana diganggu, maka akan terjadi bencana. Meskipun terdapat banyak kelelawar di Pura ini, tidak pernah sama sekali ada umat yang diganggu saat sedang beribadah. Suara kelelawar-kelelawar yang berdecit menambah kesan mistis yang ada di Pura Goa Lawah.

Kabarnya, gua yang ada di Pura Goa Lawah tersebut bisa tembus sampai ke Pura Besakih, di lereng Gunung Agung, Kabupaten Karangasem. Namun, karena pernah terjadi gempa, gua kini tertutup. Dalam kepercayaan umat Hindu, Pura Goa Lawah merupakan tempat untuk memuja Tuhan dalam manifestasinya sebagai Dewa Laut. ‘Bhatara Tengahing Segara’ merupakan sebutan untuk Dewa Laut dalam mitologi Hindu. Pura Goa Lawah sendiri memang terletak di pinggir pantai.