Beberapa wisatawan yang kami ajak berbincang, mereka berbicara keberadaan Tanah Lot menjadi sangat penting kerena banyak wisatawan yang bilang bahwa para wisatawan belum merasa lengkap jika belum berkunjung ke Tanah Lot saat liburan di Bali.

Di kawasan wisata ini  terdapat  beberapa  Pura, yang sacral bagi umat hindu di Bali. Karena sejak lama dan turun temurun menjadi bagian penting dalam tatanan budaya masyarakat adat di Kabupaten Tabanan khususnya dan Bali pada umumnya.

Pura Tanah Lot dengan keindahan pantainya merupakan daya tarik utama bagi para wisatawan baik asing maupun domestic. Pura ini berdiri megah diatas batu karang di bibir pantai, tempat suci yang sangat disakralkan oleh umat Hindu. Di sinilah daya tarik tersebut yang ingin dilihat oleh para wisatawan.

Pantai  Tanah Lot berhadapan dengan samudera Hindia, ombaknya cukup besar.  Saat pasang deburan ombak terhempas membentur karang, menciptakan buih berwana putih sehingga menciptakan panorama pantai yang indah. Sementara di sore hari, matahari yang beranjak tenggelam memperindah suasana. Wisatawan umumnya membludak datang di sore hari untuk melihat Sunset.

Jika kita tenggok ke belakang, tentu tidak ujug-ujug sebuah obyek wisata dimanapun langsung berkembang sebagai obyek wisata yang populer seperti sekarang,  tetapi melalui proses panjang. Sangat menarik jika kita coba lihat sisi lain dibalik popularitas obyek wisata, salah satunya adalah obyek wisata Tanah Lot.