Liburan ke Lombok tidak lengkap rasanya jika anda tidak mengunjungi Pantai Senggigi, tetapi bagi sebagian orang yang sudah sering ke Lombok, pantai sengigi mungkin sudah biasa. Kalau ingin ke pantai dekat pusat Kota Mataram, Pantai Meninting bisa jadi pilihan kalian liburan di Lombok. Pantai Meninting ini terletak di Kampung Kongok, Desa Meninting, Kecamatan Ampenan Utara, Kota Mataram memang unik. Pantai ini terselip di antara pantai lainnya, dengan akses jalan yang kurang memadai.

Menurut warga sekitar penyebutan Pantai Meninting atau Kongok Meninting karena berada di Kampung Kongok, Desa Meninting. Sebutan Kampung Kongok sendiri merujuk pada hewan kongok yang tak lain merupakan sebutan dari kepiting darat yang jumlahnya melimpah. Jarak pantai ini dari kota kurang dari 10 kilometer. Pantai meninting mempunyai panjang sekitar 1 kilometer. Muara kali yang ada di pantai ini pun berpindah-pindah antara utara sampai selatan.

Para nelayan terdahulu di pantai meninting ini biasanya menyandarkan perahunya di bibir pantai. Namun berbeda dengan sekarang, beberapa nelayan menyandarkan perahunya di muara Sungai Meninting. Biasanya di Pantai ini akan sangat padat pengunjung jika lebaran ketupat sudah tiba. Jadi bagi para wisatawan yang ingin liburan ke Lombok, sebaiknya menghindari hari lebaran ketupat, karena pasti akan sangat ramai sekali bisa menganggu aktivitas liburan anda bagi yang tidak menyukai keramaian.
Banyak mitos yang beredar di masyarakat sekitar yang bercerita tentang pantai dan kali yang bermuara di Pantai Meninting. Salah satunya yang pernah kami dengar oleh masyarakat sekitar adalah beredarnya kabar yang menyebut jika seseorang pernah mandi di muara sungai maka bisa dipastikan kembali berkunjung lagi. Dan sampai sekarang banyak masyarakat sekitar banyak yang bilang bahwa sering melihat buaya. Dan anehnya lagi buaya itu berwarnana putih besarnya hanya sebesar biawak. Tetapi cerita ini menurut kami antara percaya dan tidak percaya, gimana kalo menurut kalian?

Jika kalian penasaran, ayo isi liburan kalian saat ini ke Lombok bersama keluarga dan teman – teman.