Nusa Penida adalahsalah satu pulau di Indonesia yang berada di dekat Bali dan masuk kedalam provinsi Bali di kecamatan Klungkung. Pulau ini dipisahkan dengan Bali diantara selat Badung. Cuaca di pulau ini bisa dikatakan lebih panas dan kering daripada di pulau Bali.

Ada 2 pulau yang terletak dekat dengan Nusa Penida ini yaitu pulau Nusa Lembongan dan pulau Nusa Ceningan. Kedua pulau tersebut lebih kecil daripada pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan masih lebih besar dari pulau Nusa Ceningan. Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan hanya terpisah jarak sedikit dan dihubungkan oleh jembatan kecil yang hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki dan sepeda motor.

Pada artikel ini kami akan menceritakan transportasi yang bisa kamu gunakan jika ingin berpergian ke Nusa Penida. Silahkan disimak ulasan kami dibawah ini.

Hal pertama adalah terdapat 4 macam transportasi yang bisa kamu gunakan yaitu kapal Roro Nusa Jaya Abadi. Ini adalah kapal semacam ferry. Jika kamu berangkat dari Bali dan sudah menyewa kendaraan dari awal di Bali maka kamu bisa menggunakan opsi ini untuk berangkat. Kapal ini beranglkat 2 kali sehari yaitu pukul 11.00 WITA dan 13.00 WITA dari pelabuhan Padang Bai di kabupaten Karangasem. Sedangkan untuk ongkosnya kisaran 15.000 hingga 30.000 dan memakan waktu hingga 1 jam.

Lalu yang kedua adalah kapal tradisional yaitu sampan/kujung. Pilihan alat transportasi yang kedua ini akan berangkat dari Kusamba dan memerlukan waktu 1 jam perjalanan. Untuk harga tiketnya hanya Rp25 ribu per orang. Kalo kita menggunakan alat transportasi ini, maka nantinya akan bersandar di Toya Pakeh.

Pilihan ketiga adalah naik kapal cepat atau fast boat. Perjalanan dengan fast boat hanya memerlukan waktu 30 menit perjalanan, tapi biaya yang dikeluarkan lebih mahal, sekitar Rp65 ribu. Fast boat ini berangkat dari pelabuhan Padang Bai yang berada dekat dengan kapal Roro. Menempuh perjalanan yang relatif lebih cepat, nantinya fast boat ini akan bersandar di pelabuhan Buyuk.

Kemudian yang keempat adalah naik cruise sebagaimana yang disebut warga setempat. Untuk pilihan yang satu ini anda harus membayar lebih. Perjalanan menggunakan cruise ini akan dimulai dari Pelabuhan Benoa. Sebagian besar cruise bertujuan ke Nusa Lembongan kecuali Quicksilver cruise yang mendarat di Toya Pakeh. Alat transportasi ini lebih sering digunakan wisatawan yang ingin berplesiran ke daerah wisata Nusa Lembongan. Ada beberapa cruise yang melayani rute Benoa – Nusa Lembongan antara lain; Bali Hai cruise, Bounty cruise, Sail Sensation, dan Marina.

Nah itulah sedikit tips umum yang bisa kami berikan kepada anda. Jika anda berminat untuk berlibur ke Nusa Penida, kalian bisa intip website kami di www.liburanbali.co.id untuk info-info dan tips-tips liburan lainnya.