Wayag merupakan Ikon Raja Ampat, bagi anda yang akan berkunjung ke Raja Ampat haruslah mengunjungi destinasi ini. Wayag merupakan pulau terjauh dari Raja Ampat. Oleh karena itu, untuk tiba di tempat ini, akan memakan enam hingga tujuh jam perjalanan dengan Speedboat dan anda harus berangkat pada malam atau subuh. Atau jika anda ingin mendapatkan banyak momen sebaiknya anda menginap di sekitar area Wayag, terdapat International Conservation di sana. Anda dapat meminta tolong bantuan mereka untuk mengantar anda berkeliling dan menaiki puncak bukit karst di Wayag.

Pulau berbukit ini berpasir putih dan dikelilingi pulau-pulau kecil lainnya. Pulau-pulau kecil tersebut merupakan pulau-pulau karang yang ditumbuhi pepohonan yang rindang. Anda dapat menikmati pemandangan birunya laut, jernihnya air laut, terumbu karang dan aneka jenis ikan yang terlihat jelas di bawah air, pemandangan yang indah dari lautan yang cantik membentang, serta sebaran pulau-pulau kecil yang tampak menawan. Jika anda beruntung dapat melihat Pasir putih yang timbul namun keberadaan Pasir Timbul sangat bergantung pada surut dan pasangnya air laut. Pada saat air laut pasang, hamparan pulau pasir putih tersebut akan hilang tenggelam di dalam air sedangkan pada saat air laut surut, Pasirnya akan terlihat muncul kembali. Karena keunikannya yang dapat hilang dan timbul itulah, objek ini disebut Pasir Timbul.

Untuk mendapatkan foto atau pemandangan yang indah, harus menuju puncak bukit yang dapat ditempuh selama satu hingga dua jam mendaki di karang keras. Dari puncak bukit ini, anda dapat melihat seluruh pemandangan Raja Ampat. Perlu diingat untuk anda yang tertarik menaiki bukit karang dan karst di Wayag sebaiknya memakai sepatu, atau minimal sendal gunung yang memiliki tali belakangnya. Dikarenakan karstnya yang sangat tajam dan berbahaya, selain itu bawalah barang seperlunya saja, jika tidak mampu membawa sebaiknya meminta tolong kru kapal atau guide untuk bisa membawakan barang bawaan anda.

Jika anda berlibur ke Raja Ampat jangan lupa untuk mengunjungi Ikon dari Raja Ampat yaitu Wayag, walaupun perjalanan yang cukup jauh akan anda tempuh, semua itu akan terbayang nantinya saat anda sampai pada destinasi anda dengan pemandangan menakjubkan yang belum pernah anda lihat sebelumnya dan akan menjadi kenangan terbaik anda.