Banyak yang belum mengetahui bagaimana keindahan lombok yang sebenarnya, keindahan tersembunyi di balik Lombok Timur. Kabupaten tersebut banyak mempunyai beraneka ragam panorama alam yang tak kalah indah dengan daerah lain di Pulau Lombok. Berikut ini Liburan Bali mengulas beberapa-beberapa tempat untuk anda.

  1. Tanjung Bloam

Tanjung Bloam merupakan daerah konservasi penyu yang berhabitat disekitar tebing-tebing dan sepanjang garis pantai yang membentang dari ujung selatan dan Utara. Lokasi Tanjung Bloam ini dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda empat sampai ke lokasi tujuan. Tanjung Bloam dapat ditempuh melalui route yang sama dengan Pantai Kaliantan, karena jaraknya relatif dekat dari Pantai Kaliantan.

  1. Pantai Surga

Kawasan pantai ini merupakan salah satu kawasan pantai yang berada satu jalur dengan kawasan pantai Ekas. Pantai ini mempunyai Panorama alam yang mempesona, dengan kawasan pantai berpasir putih dengan granular pasir seukuran biji merica. Dengan kondisi dan panorama alam yang cukup menarik maka pantai surga mempunyai potensi untuk dikembangkan lebih lanjut. Selain potensi alam kawasan Pantai ini memiliki Potensi ekonomi unggulan yaitu budidaya Mutiara dan rumput laut yang dikelola oleh beberapa Perusahaan yang bermitra dengan masyarakat setempat.

Faktor-faktor pendukung yang menjadikan kawasan ini memiliki nilai tambah adalah dengan dimilikinya keaneka ragaman ekosistem pantai, dan topografinya yang landai memberikan kesan lapang dan panorama yang indah untuk menikmati saat matahari terbit (Sunrise) dan matahari terbenam (Sunset).

Sepanjang bentangan alam pantai yang ada, maka dominasi hamparan pasir putih dan tebing-tebing yang curam yang nampak. Kondisi air yang biru dan jernih pada kawasan ini masih terjaga dengan panorama bawah air yang memukau, sehingga aktivitas wisata berupa diving untuk melihat keindahan bawah laut sangat sesuai untuk kawasan ini.

Pantai sorga terdapat di Dusun Sungkun Desa Pemongkong Kecamatan Jerowaru. Akses untuk menuju ketempat ini relatif mudah dengan kondisi jalan yang oleh Pemda Lombok Timur terus dibenahi. Berdasarkan potensi yang dimiliki Pantai Surga sangat sesuai untuk beberapa aktivitas wisata seperti : memancing, berenang, dan menyelam untuk menikmati panorama bawah laut.

  1. Sembalun

Sembalun merupakan objek wisata yang sangat disayangkan untuk dilewati apabila anda mengunjungi objek wisata di Lombok Timur. Sembalun merupakan sebuah desa yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang luar biasa. Dengan berkunjung ke desa ini anda bisa mendapatkan beberapa hal baru yang akan membuat warna baru dalam hidup anda.

Sembalun merupakan salah satu gerbang menuju puncak Gunung Rinjani dan danau Segara Anak, selain itu sembalun juga mempunyai banyak kebudayaan salah satunya adalah Bale Baleq yang merupakan kebudayaan dari masa lampau yang masih terus dilestarikan sampi sekarang dan beberapa sejarah tentang kebudayaan islam serta kerajaan Majapahit. Di Sembalun ini juga terdapat beberapa jenis buah buahan seperti strowberi.

  1. Pantai PINK

Pantai yang terletak 2km seblum tanjung Ringgit ini merupakan pantai yang sedang hot. Karena keunikan pasir pantainya yang berwarna Pink. Warna pink itu berasal dari perpaduan pasir yang berwarna merah, putih dan sedikit hitam. Di pantai ini juga terdapat Gua yang menjadi tempat persembunyian pasukan Jepang pada perang Dunia II.

  1. Gunung Rinjani

Kedua kenampakan Alam ini sudah sangat terkenal sejagad. Hampir semua orang tahu tentang Rinjani. Gunung yang menjadi ikon Lombok ini sudah menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl dan memiliki anak yang bernama gunung Baru Jari (Baru Jadi) yang dikelilingi oleh Danau Segara Anak. Menurut Sejarawan Awalnya Rinjani memiliki ketinggian lebih dari 5000 m. Namun karena letusan Rinjani pun seperti terpotong dan menghasilkan danau di tengahnya.