Hutan bakau atau biasa disebut dengan hutan mangrove bisa menjadi salah satu alternatif objek wisata saat Anda liburan ke Bali.

Liburan ke Bali tidak lengkap rasanya jika anda tidak mengunjungi hutan ini. Di sini kalian bisa membuat foto – foto unik dan menarik, yang pastinya akan membuat iri teman – teman anda. Hutan mangrove berada di kawasan Suwung Kauh, Denpasar, Bali, tepatnya di Jalan By Pass Ngurah Rai. Untuk mencari lokasi ini sangat lah mudah, berada di sebelah kiri jalan By Pass Ngurah Rai jika Anda dari Sanur menuju ke arah Bandara Udara Ngurah Rai. Di sini anda bisa menikmati pemAndangan hutan bakau yang indah. Proyek pengembangan pengelolaan hutan mangrove dibantu oleh Pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA).

Memasuki pintu masuk kawasan hutan mangrove ini, Anda akan disajikan pemandangan yang menawan. Nampak rimbunan hutan berwarna hijau dan sungai berwarna coklat.  Kawasan hutan mangrove ini sangat luas, Anda dapat mengelilinginya dengan melewati jembatan kayu tradisional dan sederhana. Jembatan ini sangat panjang mengitari kawasan hutan mangrove dan di beberapa titik terdapat menara pantau dan pondok peristirahatan.

Anda dapat berhenti sejenak untuk beristirahat sambil menikmati keindahan alam, merasakan angin yang bertiup sepoi-sepoi, berfoto-foto, dan mengamati beberapa satwa penghuni hutan mangrove.  Sayangnya masih saja ada wisatawan yang tidak bertanggung jawab menjaga kebersihan lingkungan. Hal ini terlihat dari masih banyaknya sampah dibuang sembarangan di hutan mangrove tersebut dan fasilitas yang dicorat-coret oleh tangan usil yang tidak bertanggung jawab. Jadi kalian jika liburan ke Bali, semoga bisa menjaga kebersihan ya di tempat ini, agar lingkungan kita selalu terjaga dengan bersih dan rapi. Karena hutan mangrove ini juga akan kita tinggalkan untuk anak dan cucu kita nanti, jadi wajib di jaga kelestarianya.