Ada beberapa cara untuk berbasah-basah ria di tempat wisata di Pulau Lombok ini. Anda bisa bermain Air di pantai Lombok, atau bisa juga dengan mengunjungi air terjun. Jangan salah, Anda bisa mendapatkan semuanya di Pulau Lombok ini. Jika Anda menginginkan suasana yang sejuk dan segar sembari bermain air, maka wisata alam air terjun adalah tempat yang tepat untuk Anda kunjungi.

Anda bisa mengunjungi beberapa air terjun di Pulau Lombok. Beberapa diantaranya berada di kaki Gunung Rinjani. Jika Anda ingin melihat air terjun yang menakjubkan, di sinilah tempatnya, air terjun yang terindah di Indonesia yang pernah Anda lihat.

Baru baca judul di atas, pasti kalian binggung, apa benar ada wisata benang di Lombok? Sebenernya sih ini bukan wisata kayak benang jahit, maksud kami di sini adalah wisata benang yang artinya wisata air terjun, knp diberi nama benang? Konon kata masyarakat sekitar jika di lihat – lihat air terjun ini mirip sehelai benang, jadi mereka menamakan objek wisata air terjun ini dengan benang. Yuk langsung aja kita simak.

Benang Kelambu

Di gadang – gadang inilah air terjun yang paling terkenal dan terindah di Pulau Lombok. Wisata alam air terjun ini berada di kaki Gunung Agung, tepat di tengah-tengah Pulau Lombok. Air Terjun Benang Kelambu terletak sekitar 32 Kilometer dari Kota Mataram, atau sekitar 1 jam perjalanan. Lokasi air terjun ini. Karena hanya ada satu tanda jalan menuju Air Terjun Benang Kelambu. Atau Anda juga bisa menanyakan pada petugas hotel atau agen tur.

Di pintu masuk air terjun ini, Anda hanya perlu membayar Rp. 5.000,- untuk masuk ke lokasi air terjun. Setelah Anda melewati gerbang masuk, Anda akan disambut dengan pepohonan yang rindang serta suasana yang damai dan sejuk. Jalan menuju ke lokasi air terjun sudah dibangun sedemikian rupa, sehingga Anda bisa menuju ke air terjun dengan nyaman.

Anda akan berjalan dibawah rerimbunan hutan. Di bagian sisi yang lain, Anda akan menemui area perladangan masyarakat setempat yang ditanami dengan berbagai tanaman. Seperti Nangka, Pisang, Kopi, dan lain sebagainya. Jika Anda tidak membawa makanan, Anda bisa membelinya di warung-warung di dekat gerbang masuk Air Terjun Benang Kelambu. Sekitar 100 Meter sebelum lokasi air terjun, jalanan mulai menanjak. Anda harus menaiki anak tangga. Di sisi anak tangga Anda bisa melihat parit dengan air yang jernih.

Sesampainya di lokasi, Anda akan terpana dengan Air Terjun Benang Kelambu yang begitu indah. Pada air terjun ini, air seolah-olah keluar dari rimbunan tumbuhan. Sebenarnya air terjun ini berasal dari banyak mata air, yang keluar langsung melalui celah-celah di sepanjang tebing. Namun karena tebingnya tertutup dengan tumbuhan yang tumbuh subur, terlihat seakan air keluar dari rimbunan tumbuhan tersebut. Air terjun ini dinamai Air Terjun Benang Kelambu karena terjunan airnya yang berbentuk seperti kelambu. Tak seperti Air Terjun

Benang Stokel

Air Terjun Benang Setokel memiliki 2 terjunan air,  air terjun disebelah kiri memiliki debit yang lebih besar dibandingkan yang kanan.  Sementara itu di bawahnya terdapat kolam kecil tempat penampungan curahan air yang jatuh dari atas.  Kolam ini dapat digunakan untuk mandi dan berenang.

Nama Benang Stokel dalam bahasa setempat berarti segumpal benang.  Nama ini diberikan karena bentuk air terjun ini menyerupai benang yang diikat menyatu.

Mitos yang berkembang di masyarakat selama ini menyatakan, Air Terjun Benang Stokel menjadi tempat membersihkan diri Dewi Anjani – makhluk gaib yang dipercaya sebagai penunggu Gunung Rinjani. Pada waktu-waktu tertentu konon Dewi Anjani turun dari gunung kemudian mandi dan membersihkan rambutnya di Benang Stokel. Oleh karena itu, banyak masyarakat percaya mereka yang mempunyai masalah dengan rambutnya, seperti rontok, ingin menghitamkan rambut, akan mandi di Air Terjun Benang Stokel.

Gimana tertarik untuk mencoba wisata benang di Lombok? Jika kalian bosan dengan pantai dan wisata lainya, tidak ada salahnya untuk kalian mencoba wisata benang yang 1 ini, yang bisa membuat pengalaman liburan Lombok kalian kali ini tak akan terlupakan.