Datang ke Raja Ampat, anda pasti akan mengunjungi salah satu dari pulau terbesar di kepulauan Raja Ampat dan jika anda memilih Pulau Batanta, itu adalah pilihan yang tepat, anda dapat mengunjungi salah satu Objek Wisata Unggulan di Pulau Batanta yaitu Air Terjunnya.

Air Terjun Batanta memiliki tinggi kira-kira 10 meter. Air terjun yang satu ini terlihat semakin indah dengan adanya bebatuan yang berada disekitarnya. Di balik air terjun Batanta pun anda dapat menemukan gua kecil, gua kecil tersebut sanggup menampung kurang lebih lima orang dan anda dapat mencoba duduk didalam gua tersebut sambil melihat pemandangan air terjunnya dibalik tirai air dan jika beruntung, anda dapat melihat pelangi yang teramat indah.

Untuk mencapai Air Terjun Batanta, anda harus menaiki Speedboat dan menyebrangi lautan hingga ke sebuah muara di dekat Desa Arefi di Pesisir Pantai Pulau Batanta. Kemudian menyusuri sungai ke arah pedalaman hutan bakau kurang lebih 1 kilo meter dari Muara. Perjalanan pun dilanjutkan dengan berjalan kaki dikarenakan air sungai yang semakin dangkal plus medan yang dilalui akan licin sebab memasuki hutan bakau yang berlumpur. Setelah berjalan selama kurang lebih 30 menit, anda akan sampai di Air Terjun Batanta tersebut. Saat mengunjungi air terjun batanta sebaiknya anda membawa bekal karena di lokasi Air Terjun Batanta ini tidak ada penduduk yang menjual makanan.

Untuk menyewa speedboat ataupun longboat, anda dapat menyewanya dengan biaya sewa sekitar Rp 5 juta per hari dan dapat mengantar anda langsung ke Pulau Batanta tanpa menyinggahi Waisai. Anda juga dapat menyewa kapal rakyat yang tarifnya lebih murah yaitu kurang lebih sekitar Rp 120.000 per orangnya, dan melayani rute Sorong-Waisai. Kapal ini berlayar setiap satu kali sehari pada pukul 14:00 WIT dengan waktu tempuh sekitar 2 hingga 3 jam. Kemudian, anda akan melanjutkan perjalanan anda menuju Pulau Batanta dengan speedboat atau perahu nelayan lokal dengan tarif sekitar Rp 100.000. Anda dapat memilih sendiri untuk mengunjungi Air Terjun Batanta menggunakan Speedboat langsung ataupun harus mengunjungi Waisai, walaupun anda akan merasakan letih selama perjalanan semua itu akan terbayarkan saat anda mencapai objek wisata tersebut ditambah pemandangan indah saat perjalanan anda, melewati hutan yang sejuk semuanya akan membantu menghilangkan letih anda.