Siapa yang tak kenal dengan gunung rinjani? Pesona keindahan alamnya membuat gunung Rinjani memiliki panaroma yang bisa dibilang paling bagus di antara gunung-gunung di Indonesia. Setiap hari liburan tiba, gunung rinjani selalu di penuhi oleh para wisatawan yang ingin melihat dari dekat keindahan gunung yang satu ini.

Gunung Rinjani ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia setelah gunung Kerinci atau puncak ketiga tertinggi setelah puncak Jaya di Papua. Gunung Rinjani terletak di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat dan masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Taman nasional ini juga terdaftar di UNESCO sebagai taman geologi di Indonesia.

Di puncak gunung Rinjani anda akan melihat kaldera yang sangat besar dengan danau yang di beri nama segara anakyang sangat indah, dijamin akan bisa membayar lelah perjalanan anda selama mendaki. Apabila anda mempunyai hobby memancing, jangan lewatkan turun ke kawah & memancing sambil berlibur di Gn rinjani. Di danau Segara Anak yang banyak terdapat ikan Mas & Mujair. Selain itu di sana kalian juga bia mencoba sensasi berendam di kolam air panas alami, yang menurut orang – orang merupakan kolam air panas tertinggi di Indonesia.

Untuk sampai di puncak gunung Rinjani bisa ditempuh dari dua tempat yaitu pintu Senaru atau pintu sembalun, tetapi lebih banyak yang lebih memilih pintu sembalun, karena lebih dekat dengan puncak, sehingga kalian bisa banyak menghemat tenaga.

Selain memiliki pemandangan yang sangat indah, Gunung Rinjani juga mempunyai keunikan tersendiri  yaitu adanya flora dan fauna yang beraneka ragam. Jika Anda sudah melakukan pendakian di gunung ini pastinya Anda sudah mengetahui perbedaan Gunung Rinjani dengan gunung lainnya.

Dibalik pesona keindahan Gunung Rinjani, juga terdapat resiko yang tinggi dalam pendakiannya. Oleh karena itu Anda harus berhati-hati ketika melakukan pedakian ke gunung ini. Biasanya cuaca buruklah yang membuat para pendaki tersesat dan kehilangan arah. Dan tak hanya itu saja bahkan para pendaki yang tersesat atau kehilangan arah pada akhirnya ditemukan tidak bernyawa.

Jadi intinya liburan di sini walaupun menyenangkan, tapi harus tetap waspada, karena medan yang terjal bisa membuat liburan anda di gunung rinjani lombok menjadi petaka.