4 Pulau Utama di Raja Ampat

Siapa yang tidak kenal dengan Raja Ampat? Salah satu destinasi wisatawan untuk berkunjung khususnya bagi mereka yang memiliki hobi Diving. Raja Ampat pun tidak kalah indahnya dan menariknya dari tempat-tempat wisata lainnya, Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian kepala burung(Vogelkoop) pulau papua. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, Jika hendak berkunjung ke Raja Ampat anda dapat mengunjungi 4 pulau terbesar dibawah ini

 

  1. Pulau Misool

Pulau Misool merupakan salah satu dari empat pulau terbesar di kepulauan Raja Ampat, Pulau Misool berbatasan langsung dengan Laut Seram dan termasuk daerah segitiga karang dunia dan puluhan banyak ikan hias yang terdapat di dalam lautnya yaitu sekitar 75% ikan hias dan segitiga karang dunia juga terdapat di daerah misool ini. Dan daerah ini juga memiliki laut lepas yang sangat luas sekali sehingga menjadi jalur lintasnya hewan-hewan besar yaitu seperti ikan paus dan gurita. Anda tidak perlu khawatir jika datang berkunjung ke Pulau Misool terlebih lagi ke perairannya, anda tidak akan melihat banyaknya pengunjung seperti pada tempat-tempat wisata lainnya dikarenakan Pulau Misool tidak berpenghuni, anda juga dapat langsung melihat indahnya kehidupan dibawah air dikarenakan airnya yang begitu jernih dengan air laut yang berwarna turquoise.

  1. Pulau Salawati

Pulau Salawati merupakan salah satu dari empat pulau terbesar yang berada di kepulauan Raja Ampat, Papua Barat. Kecantikannya pun sudah tersohor hingga mancanegara, tak heran jika banyak turis asing yang mengunjungi pulau eksotis tersebut. Di pulau inilah dimana ditemukannya spesies baru ikan pelangi Salawati atau nama latinnya Melanotaenia Salawati, Kecantikan dari ikan ini karena warna kulitnya yang berwarna-wani seperti pelangi, Kondisi Pulau Salawati pun masih sangat sunyi layaknya Pulau Misool, tenang dan nyaris sangat sepi membuat banyak wisatawan memburu tempat ini. Anda juga dapat menyaksikan bunker-bunker peninggalan Perang Dunia II buatan Belanda dan Jepang, tarian Wor dan air terjun. Selain indah dan alamnya yang begitu unik, kearifan lokalnya pun juga menjadi daya tarik tersendiri.

  1. Pulau Waigeo

Pulau Waigeo adalah pulau yang berada diPapua Barat di bagian timur Indonesia, Pulau Waigeo dikenal juga dengan nama Amberi atau Waigiu. Pulau Waigeo adalah pulau terbesar dari empat pulau utama dari Kepulauan Raja Ampat, Pulau ini berada diantara Pulau halmahera dan Pulau Papua dengan jarak sekitar 65 km barat laut Pulau Papua. Pulau Waigeo merupakan rumah bagi objek wisata juga merupakan pulau paling mudah dijangkau dengan transportasi umum, Pulau Waigeo menawarkan spot diving, pulau-pulau batu karang, teluk yang indah berdinding tebing yang menjulang, hutan yang menawarkan interior pengamatan burung, dan pilihan akomodasi termurah di antara gugusan pulau di Raja Ampat.

  1. Pulau Batanta

Pulau Batanta merupakan salah satu pulau terakhir dari empat pulau utama di Raja Ampat, bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi Pulau Bantata disana anda akan dapat mengunjungi berbagai macam objek wisata yang masih terbilang natural, hijau dan sejuk. Anda dapat mengunjungi salah satu Objek wisata utama di Pulau Batanta yaitu air terjunnya, memiliki ketinggian 10 meter berada dipedalaman hutan bakau Pulau Batanta, anda pun dapat menggunakan speed boat untuk menjangkau tempat itu. Hal unik lain yang terdapat di air terjun ini adalah terdapat goa kecil di belakangnya. Goa tersebut dapat dimasuki maksimal 5 orang. Anda pun dapat merasakan kesegaran air terjun dengan berenang di sana karena masih sangat alami. Di Pulau ini pun anda dapat melihat Burung Cenderawasih yang merupakan lambang Papua secara langsung.

 

Jadi itulah 4 pulau utama dari Kepulauan Raja Ampat yang merupakan tempat-tempat terbaiknya untuk anda yang ingin berlibur dan merasakan alam papua yang masih hijau dan natural.