Lagi liburan ke Bali? Udah jalan-jalan kemana aja?

Selama ini Bali hanya terkenal dengan pantai-pantai saja, padahal Bali juga punya banyak gunung yang bisa didaki lho. Dan yang pasti keindahan dari gunung-gunung yang ada di bali gak bakal kalah dengan keindahan dari pantai-pantainya.

Kali ini kami akan membahas tentang 5 wisata pegunungan di Bali bagi kamu yang cinta ketinggian. Eits, buat yang kurang suka mendaki disini ada gunung yang gak terlalu tinggi kok. Cocok buat kamu yang belum pernah atau pertama kali mencoba untuk naik gunung dan treknya pun tidak begitu sulit.

  1. Gunung Agung

Gunung agung merupakan gunung tertinggi yang terdapat di pulau Bali dengan ketinggian 3,014 meter diatas permukaan laut. Gunung ini terletak di bagian tengah-timur dari pulau Bali atau tepatnya di kecamatan Rendang, kabupaten Karangasem.

Gunung agung populer dengan bagi para pecinta ketinggian, dengan jalur yang terbilang sulit dan hanya sedikit bonus dan juga berbahaya. Gunung ini juga terkenal dengan keindahan ketika terbitnya matahari (sunrise). Ketika berada di puncaknya kita melihat puncak dari gunung Rinjani yang berada di lombok.

Di lereng gunung Agung terdapat Pura Besakih, salah satu pura terpenting di Bali. Itu dikarenakan masyarakat Hindu Bali percaya gunung Agung merupakan tempat bersemayam dewa-dewa dan juga istana Dewata.

Terdapat 3 jalur untuk mendaki gunung ini, yaitu jalur barat daya dari kecamatan Rendang lewat Pura Besakih, jalur selatan dari kecamatan selat kabupaten Karangasem lewat pura Agung dan jalur tenggara lewat Budakeling. Waktu terbaik untuk mendaki adalah bulan Agustus dan pendaki diharuskan memakai jasa pemandu untukmenghindari kecelakaan.

  1. Gunung Batur

Merupakan gunung stratovolcano kecil di utara-tengah pulau Bali yang terletak di kabupaten Bangli. Gunung ini mempunyai ketinggian 1.717 meter diatas permukaan laut. Jadi, bagi kalian yang baru pertama kali mencoba mendaki gunung gak usah takut, karena gunung ini tidak terlalu tinggi dan mempunyai trek yang cukup landai.

Gunung ini juga mempunyai danau yang bernama danau Batur dan terletak disamping gunung Batur.

Untuk mencapai gunung Batur, kita harus melewati kawasan wisata Kintamani. Lalu kita juga bisa berwisata berendam air hangat di dekat danau Batur dan juga ada desa Trunyan yang mana terkenal akan budayanya.

Gunung Batur ditetapkan sebagai kawasan global geopark pertama dari Indonesia yang diberikan oleh UNESCO.

Gunung ini merupakan gunung merapiaktif yang sudah pernah meletus lebih dari 20 kali dalam 2 abad terakhir. Disini juga populer untuk pendakian ketika matahari terbit. Terdapat 2 jalur jika kalian ingin mendaki, yaitu jalur Pura Jati dan jalur Toya Bungkah.

  1. Gunung Abang

Gunung Abang terletak di kabupaten Bangli dan itu tepat di sebeleah timur dari danau Batur. Gunung Abang adalah gunung ketiga tertinggi di Bali. Walaupun sedikit kurang populer, keindahan alam dari gunung Abang tidak kalah dengan dengan tempat-tempat lainnya di Bali.

Gunung Abang memiliki ketinggian 2.151 meter diatas permukaan laut. Berada tepat diatas desa Trunyan.

Untuk menuju ke gunung Abang kita harus melewati Kintamani juga, sama dengan gunung Batur karena mereka terletak bersebelahan.

Terdapat banyak pura dan arsitektur-arsitektur kuno di jalur pendakian ini karena gunung ini memiliki kaitan erat antara masyarakat Bali dengan kerajaan Majapahit. Di kawasan sekitar gunung Abang merupakan tempat tinggal dari suku asli Bali yaitu Bali Aga.

Jika ingin mendaki gunung ini terdapat 2 jalur pendakian, yaitu lewat desa Suter dan lewat jalur Songan (jalur pendakian horizontal terpanjang di Bali).

  1. Gunung Batukaru

Gunung Batukaru adalah gunung teringgti kedua di Bali dengan ketinggian 2.267 meter diatas permukaan laut. Gunung ini terletak di kabupaten Tabanan.

Batukaru berasal dari kata Bali “batu/watu” yang artinya batu dan “karu/kau” yang artinya batok/tempurung kelapa. Batukaru merupakan puncak tertinggi di daerah vulkanik bedugul tetapi sudah tidak aktif lagi.

Di gunung ini terdapat pura tertinggi di Bali yaitu Pura Puncak Kedaton yang terletak di puncak gunung ini.

Jika kalian ingin mendaki gunung ini, kalian harus menempuh perjalan ke kawasan bedugul yang masih masuk wilayah Tabanan. Terdapat 3 jalur pendakian, yaitu lewat desa Jatiluwih, lewat pura Batukaru dan lewat sisi barat laut desa Pujangan.