Siapa yang tak kenal kawasan wisata yang 1 ini? danau yang indah membuat siapa saja akan datang ke kawasan wisata yang 1 ini saat liburan di Bali. Ya objek wisata ini bernama bedugul, berikut beberapa ulasan apa saja kegiatan yang anda bisa lakukan saat liburan di Bali.

Pura Ulun Danu 

adalah pura yang berada di Danau Beratan daerah Bedugul tepatnya di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali, Indonesia. Lokasinya berada di ketinggian 1.239 km diatas permukaan laut dengan suhu lumayan sejuk 18 – 22 derajat Celsius ditambah lagi landscape Danau Beratan yang begitu indah membuat tempat wisata ini begitu nyaman dan asri untuk dikunjungi.

Sebagai sebuah obyek wisata sejarah dan religi, Pura Ulun Danu Beratan telah dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas penunjang, seperti lahan parkir, taman bermain untuk anak, serta toilet. Taman bermain tersebut menyediakan berbagai sarana permainan, seperti ayunan, kursi putar, dan jungkat-jungkit. Di dekat taman bermain terdapat restoran yang menyajikan aneka masakan. Restoran ini biasanya akan penuh oleh pengunjung pada saat jam makan siang.

Danau beratan

Terletak tidak jauh dari pura ulun danu, terletak di sebelah kanan pura, di sini kalian bisa melakukan aktivitas air seperti naik boat mengelilingi danau dengan harga sekitar Rp. 125.000 sampai dengan Rp. 200.000 per boat. Atau ingin melakukan aktivitas mendayung dan bebek – bebek an. Tak lupa di sini juga menyediakan tempat bermain untuk anak2 seperti ayunan dll. Jadi jika anda liburan di Bali, anda wajib mengajak anak – anak anda untuk mengunjungi danau beratan ini.

Kebun Raya Bedugul

adalah Kebun botani besar yang terletak di wilayah kabupaten tabanan – bali. Kebun Raya ini adalah kebun raya yang didirikan oleh putra bangsa indonesia dan dikelola di bawah naungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Kebun Raya ini didirikan pada tanggal 15 juli 1959. Luas Daerah kebun raya sampai saat ini adalah seluas 157,5 Hektar. Tumbuhan yang tumbuh di kebun ini sangatlah beragam, disana juga sebagai tempat penelitian dan pengembangan berbagai tumbuhan yang langka.

Selain sebagai pusat penelitian dan pengembangan, Kebun Raya ini juga sebagai tempat wisata yang sangat sejuk dan nyaman. Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini untuk bersantai dan melepas penatnya setelah seharian berkeliling bali. Lokasi Kebun Raya Bedugul ini sangat dekat dengan danau beratan. Hanya berkisar 300 meter dari danau beratan sehingga wisatawan sehabis dari danau beratan langsung menuju ke kebun raya bedugul ini.

Danau Buyan dan Tamblingan

merupakan danau kembar yang sangat memesona para pengunjung disebabkan karena keindahan alamnya yang masih sangat alami, nuansanya yang tenang, dan damai. Disamping menyajikan panorama alam yang begitu indah khas objek wisata di Bali lainnya, kedua danau ini juga belum banyak tercemar. Ketika mengunjungi Danau Buyan dan Tamblingan jangan harap Anda bakal diantar keliling danau dengan perahu motor misalnya, karena memang tidak disediakan. Penduduk sekitar cukup berkegiatan di sekitar danau hanya dengan menggunakan perahu-perahu kecil yang mereka sebut dengan “pedahu”.

Pasar buah Bedugul

atau lebih dikenal dengan nama Pasar Candi Kuning adalah sebuah pasar tradisional yang terletak di daerah Bedugul Bali, terletak di sebelah kiri jalan saat menuju Singaraja, berada bersebelahan dengan kebun raya bedugul. Pasar buah ini memang dominan menjual buah-buahan dan sayur-sayuran juga sebagai hasil bumi dari kawasan sejuk Bedugul ini.

Macam buah yang ada di pasar ini adalah strawberry, pisang, jeruk, markisa dan sebagainya. Sayur yang ada meski tak sebanyak jumlah buahnya cukup mempunyai banyak pilihan bagi pengunjung pasar Candi Kuning. Walau tipe pasar tradisional ini termasuk pasar kecil, ternyata bisa dikatakan lengkap juga barang-barangnya. Jadi saat kamu liburan di Bali sambil mengunjungi bedugul, kalian juga bisa membeli oleh – oleh di pasar ini, menarik bukan?