Jalan – Jalan di Jati Luwih

Sesampainya di Jatiluwih, saya disambut dengan panorama sawah yang luas bak permadani hijau yang membentang. Pelancong juga bisa turun ke pematang dan berkeliling ke area sawah untuk menikmati lebih dekat indahnya harmoni alam dan budaya yang diciptakan oleh penduduk Bali di Jatiluwih.

Pengunjung bisa melihat bagaimana suburnya tanaman padi, apalagi bila butir padi mulai menguning dan yang sudah dipanen. Padi yang sudah dipetik atau dipanen biasanya diikat oleh para petani dan disusun rapi di atas lahan pertanian. Ini menambah kecantikan si Jatiluwih.

Selain itu turis juga dapat menjumpai sistem irigasi atau perairan yang tertata rapi, yang sudah dikenal mendunia atau disebut Subak. Ingat, di sana pengunjung tidak dipungut biaya lho, alias gratis.  Satu lagi yang unik adalah, wisatawan akan menjumpai pura-pura kecil yang berdiri di areal persawahan sebagai tanda penghormatan penduduk sekitar kepada Dewi Sri, Sang Dewi kemakmuran dan kesuburan. Menarik bukan?

Menurut penduduk sekitar, teras berundak di Jatiluwih merupakan simbol tangga penghubung para petani dengan Sang Pencipta. Ini adalah cerminan dari keseimbangan relasi penduduk di sana dengan alam, sesama dan Tuhan. Sebuah pandangan spiritual Hindu yaitu Tri Hita Karana

Olahraga air di Echo Beach

Bali sebagai destinasi wisata Indonesia yang paling terkenal di dunia, punya beragam keindahan alam dan kekayaan budaya yang menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Salah satu alasan yang membuat Bali jadi amat sangat menarik adalah banyaknya pantai yang dianggap ideal oleh para peselancar untuk menerjang ombak di atas papan selancar mereka.

Satu pantai yang kini mulai digemari oleh para peselancar dari luar negeri adalah Echo Beach di Canggu. Lepas dari hamparan pasir hitam di sepanjang Echo Beach, para peselancar berlomba ke tengah lautan untuk menaiki ombak tinggi. Di pantai sepanjang 10 kilometer yang terletak kurang lebih 10 kilometer dari pantai kuta. Kini mulai bermunculan penginapan bed & breakfast dan tempat-tempat makan yang menyajikan hidangan internasional untuk para peselancar. Bangun pagi atau menikmati sarapan sambil melihat deburan ombak kini bisa juga Anda nikmati di Echo Beach.

Untuk Anda yang ingin belajar berselancar, di Echo Beach juga terdapat beberapa sekolah surfing dengan pengajar yang sebagian besar berasal dari luar Indonesia.  Selain itu, di sekitar Canggu Anda juga bisa mengunjungi Pura Batu Bolong dan Pura Batu Mejan atau berkeliling melihat hamparan sawah padi dan perkebunan kelapa di sekitar pantai.

Wisata Pura Luhur Batukaru

 Bali adalah pulau yang terkenal dengan Pulau Seribu Pura. Ada banyak pura di Bali, salah satunya adalah Pura Luhur Batukaru yang terletak di Gunung Batukaru, Tabanan, Bali. Banyak turis asing yang melakukan perjalanan kespot wisata ke Jatiluwih yang ada di Tabanan ini, terkadang juga mampir di pura ini. Udara yang sejuk dan kekokohan Pura Luhur Batukaru, menghadirkan suasana magis bagi para pengunjungnya.

Menghilangkan Penat sambil berendam di air panas Angseri

Suasana alam dengan udara dingin, terasa saat berada di kawasan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Sesaat anda bisa melepaskan penat anda di kawasan yang asri ini. Namun dinginnya udara yang menyentuh kulit, tak menyurutkan minat wisatawan yang sedang liburan di Bali datang ke kawasan ini.

Ya air panas ini terletak di Desa Angseri di Kecamatan Baturiti, yang memiliki satu objek wisata alam Pemandian Air Panas Angseri, yang terletak di tengah-tengah hutan bambu.

Objek Wisata Alam Angseri ini juga menjadi pilihan sebagai kawasan liburan murah meriah. Bagi pengunjung lokal, cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 7.000, dan anak-anak sebesar Rp 3.000 per orang. Wisata pemandian air panas ini cocok bagi anda yang berlibur ke bali bersama keluarga atau teman – teman tercinta.

Melihat Kupu – Kupu di Taman Kupu-Kupu

Taman Kupu – kupu tabanan ini memiliki misi untuk melindungi kupu-kupu sebagai tindakan nyata dari konservasi alam. Kupu-kupu di sana dibiarkan terbang di alam bebas, hinggap, dan istirahat di daun,  bahkan mencari makan dengan menghisap sari madu pada bunga-bunga tropis yang sedang mekar. Di saat hinggap atau menghisap sari bunga, di situlah kesempatan terbaik untuk mengambil foto. Lepas dari pada itu, kami belajar bagaimana kupu-kupu hidup. Inilah edukasi yang kami dapat dari taman kupu-kupu ini.