Tentunya jika berbicara soal berwiasata ke Pulau Bali atau dikenal juga dengan nama Pulau Dewata banyak yang akan kepikiran berwisata ke pantai dengan pasir putih, puranya yang indah dan pemandangan sawah teraseringnya. Tapi untuk mereka yang sudah sering datang ke Bali mereka tahu bahwa Bali juga punya tempat- tempat pemandian air panas yang patut di coba.

Bali memiliki beberapa tempat pemandian air panas di daerah Bali Tengah dan Bali Utara yang berasal dari mata air alami menjadi panas. Karena di daerah Bali Tengah dan Bali Utara masih terdapat 3 gunung yang masih aktif, yang mebuat air tanahnya memanas. Berikut beberapa tempat pemandian air panas yang patut anda coba.

  1. Air Panas Angseri

Pemandian air panas yang ini terletak di Banjar Munduk Lumbang, Desa Angseri, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Pemandian Air Panas Angseri memiliki suhu sekitar 44° Celcius, jadi cocok jika and ingin berendam. Terdapat dua kolam besar di pemandian Air Panas Angseri, yaitu kolam unutk dewasa dan yang untuk anak-anak. Di kolam dewasa, ada air terjun kecil yang airnya hangat dan mengandung belerang. Selain itu, ada fasilitas bilik berendam untuk pribadi, maksimal lima orang per-bilik jadi kamu bisa berendam bersama keluarga tanpa terganggu.

Karena letaknya yang berada di kaki Gunung Batukaru diantara sawah hijau dan di selingi hutan dan pepohonan, membuat suasana di pemandian Air Panas Angseri sejuk di tambah pemandangan indah, sehingga anda bisa lebih menikmati waktu anda di pemandian Air Panas Angseri.

  1. Air Panas Banjar Singaraja

Tempat pemandian yang satu ini terletak di Jl. Banjar, Buleleng, Singaraja. Dan pemandian Air Panas Banjar Singaraja banyak dikenal wisatawan mancanegara maupun domestik banyak yang menyediakan paket wisata murah di bali, memasukan pemandian Air Panas Banjar Singaraja ke salah satu paket wisatanya. Karena memiliki rute satu arah dengan tempat wisata terkenal di Bali seperti Air Terjun Gitgit, Pantai Lovina, Danau Beratan.

Air Panas Banja Singaraja mempunyai 3 kolam. Kolam pertama ada 8 pancuran berbentuk naga yang menyemburkan air panas alami dan memiliki kedalaman 1 meter. Kolam kedua dengan ukuran lebih besar memiliki 5 pancura naga dengan kedalaman 1-2 meter. Kolam ketiga adalah yang paling kecil anda bisa menikmati sensasi pijat air panas.

  1. Air Panas Penatahan

Pemandian Air Panas Penatahan terletak di Desa Penatahan, Penebel, Kabupaten Tabanan. Pemandian Air Panas Penatahan juga memiliki nama lain yaitu ESPA Yeh Panes Natural Hot Spring Resort. Di pemandian ini terdapat kolam private dimana anda bisa menyewa kolamnya dengan tarif Rp. 25 ribu per orang selama 1 jam saja.

Ada tiga kolam umum di pemandian Air Panas Penatahan. Kolam pertama airnya dingin dan berada paling dekat dengan sungai dan juga yang paling kecil, dan dikelilingi bautan besar. Kolam kedua airnya panas, dengan dihiasi pancuran yang terbuat dari bamboo. Kolang yang ketiga merupakan kolam yang paling besar dan lokasinya paling atas dengan suhu air cukup hangat.

Disarankan untuk anak-anak berenang di kolam pertama dan kedua karena tidak terlalu dalam, tapi bisa juga di kolam ketiga, tapi hanya di pinggiran saja. Banyak warga yang menyebut pemandian Air Panas Penatahan dengan Yeh Panes saja untuk lebih mudahnya.

  1. Toya Bungkah Kintamani

Toya Bungkah adalah salah satu pemandian air panas alami yang terletak di Toya Bungkah Kintamani, Desa Pekraman Batur, Kec. Bangli. Nama dari pemandian ini memiliki arti tersendiri yaitu Toya yang artinya Air dan Bungkah yang artinya Bongkahan Batu. Air panas yang berasal dari pegunungan langsung dari sumber mata air panas dan tanpa adanya pengolahan, jadi sangat alami. Air panas juga mengandung mineral yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Terdapat 4 jenis kolam di pemandian Toya Bungkah. Kolam pertama adalah kolam yang cocok untuk digunakan anak-anak. Kolam kedua Natural Therapy Hot Spring Water, seperti namanya bisa digunakan unutk terapi air panas. Terdapat pancuran dengan suhu air sekitar 38° – 40° Celcius anda bisa memposisikan diri anda di bawah pancuran untuk merasakan sensasi terapi air panasnya. Kolam yang ketiga Floating Sunburn. Untuk anda yang suka berjemur dengan terpaan Sinar Matahari sembari berendam di air panas, maka kolam Floating Sunburn lah yang paling cocok untuk anda. Dan kolam keempat adalah kolam air panas yang bia digunakan untuk semua.

Biaya masuk ke Toya Bungkah adalah Rp. 60 ribu untuk dewasa dan Rp. 30 ribu untuk anak-anak. Tikatnya sudah termasuk welcome drink, handuk, locker, sabun dan shampo, dan fasilitas lain seperti toilet dan ruang ganti baju.

  1. Air Panas Yeh Sanih

Pemandian Air Panas Yeh Sanih terletak di Jl. Air Sanih, Kubutambahan, Bukti, Kubutambahan, Kabupaten Buleleng. Pemandian ini juga airnya berasa dari sumber mata air alami ini sangat cocok untuk liburan bersama anak-anak dan keluarga. Karena tersedia kolam renang untuk dewasa dan kolam renang untuk anak-anak juga.

Pemandian Air Sanih Singaraja Bali memiliki keunikan tersendiri. Karena di depan kolam, pemandangan pantai Lovina terlihat jelas. Biasanya kolam yang berada di dekat pantai, seharusnya air kolam akan asin, tetapi air kolam disini tetap tawar dan segar. Biaya masuk ke pemandian Air Panas Yeh Sanih adalah Rp. 4000 per orang untuk dewasa dan Rp. 2000 per orang untuk anak-anak, anda juga bisa sewa loker, jadi barang bawaan anda aman dengan harga Rp. 5000 per loker.