Membicarakan tentang Bali memang tidak akan habis-habisnya, mulai dari keindahan alam, masyarakat setempat dan budayanya, kulinernya dan lain-lain. Namun apakah anda tahu lokasi wisata terbaik untuk wisata bahari di Bali? Jika belum, anda dapat simak dibawah ini.

  1. Pemuteran

Tempat terbaik untuk wisata bahari di Bali adalah Pemuteran. Di sini terdapat taman candi dan pura bawah laut, tepatnya di Teluk Pemuteran, Buleleng Bali. Candi tersebut bukanlah peninggalan kuno, namun memang sengaja ditenggelamkan oleh sekelompok penggiat lingkungan sebagai bagian dari upaya konservasi terumbu karang. Tentunya ini sangat unik, sehingga menarik banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia yang penasaran untuk mencari Pura serta Candi dibawah laut ini. Selain itu, spot diving ini juga sering dijadikan tempat latihan penyelam yang ingin meraih level advance.

 

  1. Tulamben

Lokasi selanjutnya adalah Tulamben yang adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan kubu, karangasem, Desa ini adalah salah satu tempat rekreasi penyelaman yang terkenal di Bali, terutama di sekitar lokasi kapal karam USAT Liberty (sebuah kapal angkut tentara angkatan darat Amerika Serikat yang tenggelam setelah Ditorpedo oleh Kapal Selam Jepang pada tahun 1942). Lokasi penyelaman ini adalah salah satu tempat rekreasi penyelaman termudah untuk menikmati pemandangan bawah laut di sekitar kapal karam. Penyelam dari semua tingkatan keahlian dapat melakukan penyelaman di tempat ini. Selama musim liburan, lebih dari 100 Penyelam mendekati bangkai kapal ini tiap harinya.

 

  1. Pulau Menjangan

Selanjutnya adalah Pulau Menjangan, Pulau Menjangan adalah sebuah pulau kecil, terletak di sebelah barat Pulau Bali, Sesuai dengan namanya, pulau ini di huni oleh menjangan/jenis rusa liar. Pulau ini merupakan bagian dari wilayah Taman Nasional Bali Barat, daya tarik utama pulau ini terdapat pada keindahan pemandangan alam bawah laut, selain itu pulau ini tidak berpenghuni. Pada saat anda pertama kali tiba di pulau ini, anda akan melihat air laut berwarna biru dengan gradasi warna hijau. Hal yang membuat adanya gradasi warna pada air laut tersebut, karena dasar laut terdapat banyak plankton yang tumbuh subur. Selain plankton, di dasar laut terdapat trumbu karang masih alami. Anda juga dapat bersantai di pantai berpasir putih dan melihat rusa-rusa yang beberapa kali akan menunjukkan dirinya.

 

  1. Nusa Lembongan

Nusa Lembongan adalah salah satu dari beberapa pulau kecil yang mengelilingi Bali. Pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali ini terkenal sebagai penghasil rumput laut, yang jika anda berkunjung kesana mungkin dapat mencicipi hasil laut Nusa Lembongan yang mana adalah Rumput Laut yang di olah menjadi berbagai macam kuliner. Pantai-pantainya pun berpasir putih dengan air lautnya jernih dan di hiasi berbagai jenis ikan warna-warni serta berbagai jenis terumbu karang beraneka warna. Anda juga dapat menyewa perahu kayak untuk menyusuri hutan bakau di Nusa Lembongan. Devil’s Tears juga tak boleh dilewatkan ketika di Nusa Lembongan. Di sana, Anda dapat melihat pemandangan spektakuler pecahnya ombak yang menabrak tebing.

 

  1. Nusa Ceningan

Di Nusa Ceningan ini terkenal dengan jembatan yang menghubungkan antara Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Menyebrangi jembatan berwarna kuning ini yang berada diantara dua pulau nan indah dengan masing-masing keunikannya, anda dapat menikmati perjalanan anda dengan melihat keindahan alam dari satu pulau ke pulau lainnya melalui jembatan ini. Nusa Ceningan pun sama seperti Nusa Lembongan dimana pulau ini adalah salah satu penghasil rumput laut, anda juga dapat mempelajari bagaimana membudidayakan rumput laut dan memanfaatkannya disini. Nusa Ceningan juga menjadi tempat yang seru bagi penyuka tantangan. Nusa Ceningan memiliki Cliff Jump Point, di mana anda dapat meloncat ke sebuah lagoon yang masih terhubung dengan laut lepas. Selain itu anda juga bisa mengunjungi Gua Burung Walet yang terletak di bagian barat Nusa Ceningan.

  1. Nusa Penida

Yang terakhir adalah Nusa Penida, merupakan salah satu pulau kecil selain Nusa Ceningan dan Lembongan. Di Nusa Penida, terdapat beberapa spot diving favorit antara lain Manta Point dan Crystal Bay. Sesuai dengan namanya, Manta Point adalah spot diving di mana anda dapat bertemu langsung dengan ikan pari manta yang merupakan ikan pari terbesar di Dunia. Sedangkan di Crystal Bay, jika anda beruntung dapat melihat langsung uniknya ikan mola-mola yang langka. biasanya, pada bulan Agustus hingga Oktober merupakan waktu terbaik untuk menyaksikan ikan mola-mola. Pada saat tersebut, ikan mola-mola senang berjemur di sekitar perairan Nusa Penida. Karena keunikannya ini, banyak penyelam dari mancanegara sengaja datang ke Nusa Penida hanya demi bertemu langsung dengan ikan laut raksasa yang tak berekor tersebut.