Bukan hanya menyuguhkan pantai-pantainya yang indah, Lombok juga memiliki aneka macam makanan khas yang hanya bisa ditemui disana. Selain berfoto-foto, mengunjungi destinasi wisata, dan membeli oleh-oleh di Lombok, hal yang tidak boleh dilewatkan adalah mencicipi kuliner yang khas dari pulau tersebut. Disini kami akan memberikan rekomendasi 6 kuliner khas Lombok yang wajib unutk di coba.

  1. Ares

Ares merupakan sayur khas Lombok yang bahan utamanya adalah peleppah pisang muda atau yang biasa disebut gedebok. Pisang yang digunakan adalah pohon pisang kapok. Rasanya yang manis dan gurih karena perpaduan rempah-rempah dan santan kelapa yang membuat perpaduan unik. Pada awalnya ares merupakan makanan tradisional suku sasak yang hanya disajikan pada acara-acara adat seperti acara pernikahan, namun sekarang anda bisa menikmati ares di warung-warung makan di Pulau Lombok. Ares akan lebih nikmat jika dimakan saat masih hangat bersama dengan nasi putih.

  1. Kelaq Batih

Meskipun sudah jarang di temukan di restoran ataupun warung makan di pulau Lombok, rasanya tidak pas jika tidak memasukan makanan yang satu ini. Kelaq batih merupakan hidangan yang berbahan dasar biji buncis yang sudah tua yang kemudian dicampur dengan daun singkong muda. Yang membuat hidangan ini special adalah perpaduan rempah-rempah yang ada didalamnya yang biasa disebut dengan ragi baleq.

Raqi baleq ini terdiri dari ketumbar, merica, lengkuas, jahe, kencur, cengkeh, cabe merah, bawang merah, bawang putih, terasi, garam, dan bubumbu penyedap (opsional). Cara memasaknya juga tidak susah, hanya perlu merebus biji buncisnya sampai empuk dan masukan bumbu yang sudah ditumis dan yang terakhir masukan daun singkongnya. Hidangan ini sangat sedap bila disantap dengan nasi hangat.

  1. Sate Bulayak

Sebenarnya sate bulayak ini merupakan hidangan yang memadukan antara sate dan bulayak. Bulayak sendiri merupakan makanan yang berbentuk dan memiliki tekstur seperti lontong. Yang membuatnya special adalah bulayak ini di bungkus dengan daun aren yang dibentuk memanjang seperti spiral. Satenya juga memiliki bumbu yang sangat khas yang merupakan bumbu khas suku sasak.

Cara makannya pun cukup unik, kita harus mencocolkan bulayak itu ke bumbu satenya dengan menggunakan tangan, karena memang seperti itu cara makannya dan jangan heran bila si penjual tidak memberikan sendok ataupun garpu ya.

  1. Ayam Taliwang

Ayam taliwang merupakan hidangan khas Lombok yang sudah sangat terkenal. Ayam taliwang ini biasanya dimasak dengan beberapa pilihan, yaitu digoreng, dipanggang, atau di bakar. Kelezatan ayam ini salah satunya terletak pada bumbunya yang super pedas. Hidangan ini tidak susah untuk di temukan, ada banyak restoran ayam taliwang yang bisa anda temukan terutama di wilayah saying-sayang kota Mataram. Sepanjang jalan berderet restoran ayam taliwang di wilayah ini.

  1. Beberuq terong

Hidangan ini merupakan hidangan pelengkap yang biasanua di santap bersama dengan ayam taliwang. Seperti namanya, hidangan ini berbahan dasar terong yang kemudian diberi bumbu yang sama dengan bumbu pelecing, seperti cabe merah keriting, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kencur, terasi, gula pasir dan garam. Hampir semua warung makan di Pulau Lombok menyediakan beberuq terong, jadi bagi anda yang penasaran dengan hidangan yang satu ini tidak perlu khawatir untuk menemukannya.

  1. Plecing Kangkung

Kangkung yang digunakan untuk memasak Pelecing ini sangat khas.Tidak seperti tanaman kangkung yang biasa tumbuh di Pulau Jawa, kangkung khas Lombok ini merupakan kangkung air yang biasanya ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu sehingga menghasilkan kangkung dengan batang yang besar dan renyah. Biasanya disajikan dengan sambal terasi, tauge, kacang tanah & serudeng.

Kangkung di daerah ini memang sangat terkenal, teksturnya lembut sehingga tidak terasa alot walaupun kita makan hingga ke batangnya. Tak heran jika kangkung Lombok menjadi alternatif oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat, khususnya Lombok.

 

Itu tadi 6 kuliner khas pulau Lombok yang kalian bisa cicipi selama masa liburan anda di pulau ini. Masih banyak hidangan lain yan bisa anda eksplor di Lombok, maka dari itu nikmatilah waktu libur anda di Lombok!