Liburan di Bali tidak bisa lepas dengan yang namanya olahraga air, mengapa demikian? Karena Bali di kelilingi dengan pantai – pantai yang indah dan ada beberapa danau yang juga tidak kalah indahnya. Oleh karena itu banyak masyarakat / wisatawan yang melakukan olahraga air di sini pada saat liburan. Yuk berikut kita simak ulasanya olahraga – olahraga air apa saja yang terbaik ada di Bali.

  • Rafting

Olaharaga yang 1 ini sangat di gemari oleh tourist – tourist mancanegara, selain karena menantang, olahraga air 1 ini bisa sekaligus melihat keindahan desa – desa di Ubud dan pemandangan sungai nan indah. Oleh masyarakat Bali. Sungai Ayung dianggap suci dan dijadikan sumber kehidupan, namun bagi para pengunjung, beraktivitas di sungai dengan pemandangan spektakuler ini adalah sebuah pengalaman yang amat berkesan. Sambil menyusuri sungai yang melintasi hutan ini, yang tampak di kanan kiri Anda adalah suasana alam liar yang menawan, serta panorama air terjun yang sangat cantik. Sepanjang perjalanan Anda akan ditemani oleh kera-kera yang bergelantungan di dahan-dahan pohon serta kicauan merdu beraneka burung liar. Apalagi jika anda bermain bersama teman – teman, pasti akan bikin suasana liburan kalian makin ceria. Tak perlu khawatir untuk mencoba tantangan ini, karena sebelumnya Anda akan diberikan pengarahan mengenai keselamatan dan kesehatan, helm, serta jaket pelampung. Plus, sang pemandu pun akan mendampingi Anda di sepanjang perjalanan.
Usai melakukan arung jeram sejauh 9,6km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam, Anda dapat langsung membersihkan diri dengan air hangat dan handuk bersih di ruang ganti yang di sediakan. Setelah itu, bersiaplah menyantap sajian menu prasmanan yang lezat di restoran yang terdapat di Bali Adventure Rafting sambil menikmati panorama pegunungan nan elok serta hamparan sawah.

  • Wakeboard

Wake Board / Wakeboarding, mungkin sebuah olahraga, hobi, yang masih asing ditelinga masyarakat Indonesia yang sedang liburan di Bali. Wakeboard adalah jenis olahraga yang mirip dengan ski air namun menggabungkan konsep seperti snowboarding, skateboarding / surfing di atas air dengan ditarik speedboat berkecepatan 25-50 km/jam. Saat liburan di Bali kalian bisa mencoba wahana ini di Tanjung Benoa Bali. Atau bisa juga di tempat yang satu ini, para pengunjung akan menikmati pengalaman yang berbeda. Bali Wake Park, sebuah wahana baru bagi penghobi olahraga air yang berlokasi di Jl. Raya Pelabuhan Benoa No.7X, Benoa, Bali – Indonesia. Perbedaan yang mencolok dari wahana Bali Wake Park ini dengan wahana lainnya salah satunya, para wakeboarder akan ditarik oleh seutas kabel untuk dapat melakukan aksi dan atraksinya di atas air. Bukan itu saja, berbagai fasilitas kelas dunia yang dapat menunjang kemampuan dan keterampilan parawakeboarder, mulai dari anak-anak hingga dewasa, beginer (pemula) hingga expert (ahli). Wakeboard adalah olahraga air dengan perkembangan paling cepat di dunia terutama di AS.

  • Flyboard

Bagi kalian yang suka tantangan pada saat liburan Bali, saatnya kalian mencoba jenis olahraga air baru yang memompa adrenalin. Flyboard namanya, olahraga anti mainstream yang seru dan beda dari yang lain.

Memang olahraga ini baru saja muncul, tetapi sudah bisa menjadi salah satu olahraga air baru yang patut dicoba oleh para traveler yang sedang liburan di Bali. Olahraga ini memadukan antara snowboard, ski, dan kemampuan terbang bak superhero. Apalagi kalau bukan flyboard.

Dari beberapa sumber yang kami dapatkan, flyboard adalah jenis olahraga air baru yang ditemukan oleh pemain ski air kenamaan asal Prancis bernama Franck Zapata. Sejak pertama kali ditemukan hingga sekarang, flyboard sudah hampir terjual hingga lebih dari 2.500 unit di seluruh dunia.

Cara kerja alat ini cukup sederhana. Dengan memanfaatkan daya dorong dari air yang dipompa oleh mesin jet ski berkekuatan 200 PK, kalian akan melaju ke atas dan melayang bebas di udara, dalam posisi berdiri di atas sebuah papan snowboard dan bisa melakukan beberapa manuver yang cukup membuat adrenaline anda terpacu.

Kontrol utama tetap berada di tangan Anda, apakah ingin menukik ke bawah, belok ke kanan atau ke kiri, semuanya bisa dikendalikan. Sebelum terbang dengan flyboard, akan ada instruktur yang mengajari Anda cara kerjanya. Jadi, kalian tidak perlu khawatir.

Cukup butuh 5 menit penjelasan dari sang instruktur, traveler muda sudah bisa terbang dengan flyboard. Namun tetap diperlukan skill keseimbangan maupun kontrol tangan agar kegiatan ini tetap aman untuk dilakukan. Pelampung juga harus tetap dipakai demi keselamatan kalian, gmn tertarik?

  • Snorkeling

Buat kalian saat liburan Bali yang yang lebih tertarik dengan wisata bahari di bawah laut, saran kami snorkeling adalah pilihan yang cocok. Selain bisa sekaligus membakar kalori saat berenang di permukaan laut, kalian juga dapat menikmati kehidupan alam bawah laut seperti terumbu karang dan berbagai jenis ikan secara langsung, apalagi yang kalian ketahui pantai – pantai di Bali sangat banyak terumbu karang yang indah dan biota – biota lautnya yang tak kalah indah.

Untuk snorkeling, lebih banyak pantai di Bali menawarkan olahraga ini, namun bila kamu mencari lokasi terbaik, Pulau Menjangan atau Tulamben lebih disarankan. Tapi, snorkeling di Tanjung Benoa juga tidak kalah asiknya dan kamu bisa mencoba olahraga air lainnya sekaligus.

  • Jetski

Liburan Bali tidak mantab jika anda lewatkan olahraga air yang satu ini, banyak orang bilang jetski ini bukan olahraga, karena mungkin banyak yang mengira jetski sangat gampang untuk di kendalikan. Tapi jika anda ketahui Jetski memang cukup gampang di kendalikan tetapi bermain jetski sangat butuh konsentrasi. Apalagi jika anda bermain di kawasan tanjung benoa, di sana banyak boat – boat lain yang lewat, sehingga anda harus konsentrasi untuk menghindari tabrakan. Inti dari permainan jetski adalah sang pengendara harus mampu menjaga keseimbangan saat melakukan atraksi di air. Intinya memang perlu pengetahuan akan teknik yang tepat untuk melakukan permainan menantang ini. Selain membutuhkan ombak dalam permainan jet ski, olah raga air ini juga dikenal dengan olah raga mahal. Sehingga memang “cocok” bagi orang berkantong tebal. Bagi para pemula, sebaiknya memang memainkan dengan pelan dulu. Agar kendaraan berjalan pelan, gas di setir kiri, hanya cukup dikendurkan saja. Untuk mematikan, bisa dengan cara mematikan mesin dari bagian kunci jet ski yang berada di bagian bawah kiri setir atau meloloskan saja kecepatan gasnya. Ketika di atas air, semakin tinggi kecepatannya, semakin pula kestabilan yang didapat.

Adapun persiapan sebelum mengendarai jetksi adalah mengenakan celana anti air, terutama untuk Anda yang tidak ingin pakaiannya basah. Persiapan lainnya adalah baju pelampung untuk keamanan serta kenyamanan Anda. Jadi, untuk Anda yang ingin menikmati deburan ombak dan membelah ombak dengan kecepatan tinggi menggunakan jetski.

  • Surfing / Selancar

Mendengar kata surfing pasti bagi kalian sudah tidak asing lagi, olahraga yang satu ini sudah sangat terkenal di international, tidak heran kebanyakan para wisatawan asing setiap ke bali selalu membawa papan surfing, karena yang kalian ketahui sendiri, pantai – pantai di Bali sangat cocok untuk olahraga air ini.

Selancar merupakan sebuah olahraga yang biasanya berlangsung di atas ombak yang tinggi. Olahraga ini dilakukan dengan menggunakan sebilah papan sebagai alat untuk bermanuver di atas ombak. Papan tersebut akan bergerak dengan menggunakan tenaga arus ombak di bawahnya dan arahnya dikemudikan seorang peselancar. Adrenalin akan terpacu karena tertekan untuk mengarahkan papan selancar sekaligus menjaga keseimbangan. Mirip rodeo, tetapi pada Olahraga ini peselancar menunggangi ombak liar.

  • Banana Boat

Olahraga air yang 1 ini paling top, kalo kalian mencoba bermain bersama teman, banana boat adalah sebuah permainan rekreasi air, dengan perahu karet yang berbentuk pisang dengan ukuran yang besar. Pada saat kalian bermain banana boat, kalian akan di tarik dengan speed boat dan pemandu banana boat akan menjatuhkan kalian ke air, menarik bukan? Dan olahraga ini tidak berbahaya, karena kalian akan di lengkapi oleh pelampung.