Memiliki hobi jalan – jalan extream atau adventure itu sangat menyenangkan, apalagi traveling ke salah satu tempat yang masih belum diketahui oleh orang banyak, pasti itu jauh lebih menyenangkan lagi. Sekarang liburanbali.co.id ingin mengulas tentang air terjun yang masih jarang diketahui oleh orang – orang banyak, yang biasa di sebut Air Terjun Mangku Sakti yang berada di Pulau Lombok. Dibaca dari namanya, kami yakin para wisatawan masih asing jika mendengar air terjun mangku sakti ini.

Air Terjun Mangku Sakti ini berada di daerah Desa Sajang, Lombok Timur. Masyarakat setempat mengatakan bahwa di tempat ini memiliki cerita mistis, dimana dahulu kala ada seseorang pertapa yang memiliki ilmu sakti yang berdiam diri di air terjun ini untuk menenangkan diri sampai beliau meninggal dunia. Jadilah nama air terjun ini bernama Air Terjun Mangku Sakti.

Jika kalian ingin mengunjungi air terjun ini, maka waktu yang anda harus tempuh menuju air terjun ini diperlukan waktu 5 jam perjalanan dari Kota Mataram menggunakan sepeda motor dan sisanya treking menggunakan jalan kaki. Jalurnya pun tidak susah sehingga tidak akan tersesat karena petunjuk jalan menuju air terjun ini sudah baik.

Hanya saja sekitar 3 – 4 km lagi sampai di air terjun ini kondisi jalannya masih kurang baik bagi teman-teman yang belum terbiasa dengan kondisi tersebut. Tapi tenang saja, kondisi keamanan disana cukup baik dan banyak penjaga wisata dari warga sekitar yang dengan sukarela bersedia membantu para traveler yang ingin mengunjungi air terjun ini.

Walaupun memang jauh dari kota, tapi rasa lelah anda akan terbayar dengan keindahan tesendiri dari jalur yang ditempuh menuju air terjun ini yaitu kita akan melewati padang sabana yang cukup luas. Disana kita akan bertemu dengan petunjuk arah yang menandakan jika kita memilih jalur ke kiri, itu artinya kita akan menuju puncak Gunung Rinjani, sedangkan jika memilih jalur ke kanan, itu artinya kita akan menuju Air Terjun Mangku Sakti.

Air terjun yang sangat indah dan sejuk. Rasa kepuasan akan terpancar di wajah kalian jika sesampainya di air terjun ini. Ini akan menjadi pengalaman terindah yang tidak akan kalian pernah lupakan saat liburan di Lombok. Gak usah jauh-jauh traveling ke luar negeri karena di negeri sendiri masih banyak tempat yang sangat indah yang belum kalian ketahui. Jadi cintailah alam dan semesta kita sendiri, yang tidak kalah dengan yang ada di luar negeri.