Ya bisa donk liburan di Bali kan ga perlu mahal, liburan seru meski budget pas-pasan. Liburan di Bali ga mesti mahal dan bermewah mewah, coba aja yuk liat review kita saat liburan di Bali

  1. Tak perlu hotel mewah

Memang paling enak jika Anda punya teman atau saudara di Bali yang bisa ditumpangi. Kalau nggak ada, ada banyak sekali hostel,guest house, dan bed & breakfast di Bali yang menyediakan kamar dengan harga di bawah Rp 200,000 per malam dan biasanya sudah termasuk sarapan. Dengan begini, Anda bisa lebih berhemat karena sisa uang Anda hanya perlu dipakai untuk membeli makan siang dan makan malam.

  1. Pintar cari tempat makan

Ada ribuan restoran dan kafe trendi di Bali yang pasti ingin Anda coba. Tapi berhubung budget Anda pas-pasan, lupakan dulu keinginan Anda untuk berfoya-foya. Saatnya mengeksplor kuliner kaki lima di Bali yang tak kalah nikmatnya atau hunting nasi campur di berbagai rumah makan dengan harga yang masih masuk akal. Jika kebetulan Anda tinggal di penginapan murah, biasanya banyak surfermancanegara yang berlibur di Bali selama berbulan-bulan yang sudah tahu mana saja tempat makan yang enak, tapi ramah di kantong.

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku di Ubud dan Seminyak adalah salah satu pilihan rumah makan yang populer di kalangan turis. Satu porsi nasi campur ayam komplitnya hanya dikenakan harga Rp 30,000. Pecinta makanan pedas juga bisa mampir ke Nasi Pedas Bu Andika di Tuban dan makan sampai kenyang dengan modal tak sampai Rp 50,000. Warung Makan Nikmat di Kuta juga selalu dipenuhi turis backpacker asing. Selain harganya yang terjangkau, tempat ini juga menyajikan masakan Indonesia yang nikmat sesuai namanya dengan harga yang ramah di kantong.

Untuk mencegah banyak jajan, coba bawa snack sendiri untuk berjaga-jaga saat Anda sedang merasa ingin ngemil. Saat akan berjemur di pantai, jangan lupa untuk membawa camilan-camilan tersebut termasuk sebotol air minum supaya Anda tak perlu membeli jajanan di warung-warung pinggir pantai yang terkadang harganya bisa dua kali lebih lipat dari harga aslinya.

Kalau mau lebih hemat lagi, bawa juga beberapa bungkus mi instan untuk diseduh saat kamu dilanda lapar di tengah malam atau jika sarapan dari penginapan ternyata kurang mengenyangkan.

  1. Sewa kendaraan sendiri

Ketimbang menghabiskan ratusan ribu per hari hanya untuk ongkos taksi, kenapa nggak menyewa kendaraan sendiri saja? Untuk sewa motor di Bali, Anda biasanya hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 30,000 hingga Rp 50,000 per harinya. Jika kebetulan Anda berlibur ramai-ramai bareng teman-teman dalam jumlah banyak, Anda bisa menyewa mobil dengan biaya sekitar Rp 250,000 hari (belum termasuk sopir). Jika dibagi 4 hingga 5 orang, biaya ini terasa lebih terjangkau.

  1. Riset dulu sebelum berangkat

Jangan sampai sudah jauh-jauh datang ke pantai yang direkomendasikan banyak orang, ternyata pantai tersebut merupakan sebuah beach club yang mengharuskan kamu membayar Rp 250,000 sebagai tiket masuk. Supaya hal seperti ini tidak kejadian, ada baiknya Anda mencari tahu dulu informasi seputar spot-spot seru yang ingin Anda datangi sebelum berangkat ke Bali. Cek juga harga tiket masuknya supaya Anda bisa mempersiapkan uangnya terlebih dulu. Riset mudah yang bisa Anda lakukan lewat internet ini sekaligus juga bisa  membantu Anda dalam mempersiapkan itinerary.

  1. Beli paket liburan dari website e-commerce

Sekarang sudah banyak website e-commerce di mana Anda tak hanya bisa membeli tiket pesawat atau voucher hotel, tapi juga paket liburan yang sudah termasuk akomodasi, makan, transportasi dalam kota, tiket masuk obyek wisata hingga tiket pesawat. Harganya pun bisa berbeda-beda, tergantung dari apa saja yang ditawarkan di dalam paket tersebut. Pastikan Anda memilih paket liburan yang sesuai dengan keinginan dan budget, tentunya.

Kalau budget Anda kebetulan hanya Rp 1,000,000, cari saja paket wisata yang harganya sesuai  Anda memang akan menghabiskan sebagian besar atau seluruh budgetmu untuk membeli paket tersebut, tapi toh saat tiba di sana kamu sudah tak perlu mengeluarkan uang lagi.

Jika masih ada sisa dana, gunakan untuk berbelanja oleh-oleh untuk orang tersayang atau sekadar cendera mata dan hadiah buat diri sendiri.