Papua merupakan salah satu tempat wisata yang juga tidak kalah indahnya dari Bali, Raja ampat merupakan destinasi pariwisata bagi mereka yang hobi untuk Diving dengan spot-spotnya yang sangat cocok untuk Diving. Beberapa dibawah ini dalah spot-spot yang cocok untuk anda yang ingin mencoba diving di Raja Ampat.

  1. Waigeo Selatan

Salah satu spot untuk menyelam yang cocok untuk anda, Waigeo Selatan mempunyai kekayaan biota laut yang luar biasa. Di tempat ini terdapat daerah berbatu yang tersebar di sepanjang lereng yang merupakan hunian dari flora dan fauna laut. Menyelam dan snorkling adalah pilihan aktivitas utama yang bisa anda rasakan dan lakukan di pulau indah ini. Mata anda akan dimanjakan dengan keindahan pulau ini.  Waigeo memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi. Alamnya dihiasi hutan dan bukit selain perairan yang memesona.

  1. Pulau Gam

Mencoba Diving di pulau Gam maka anda akan disuguhi dengan ikan pari raksasa yang berada di sekitar Arborek yang terletak diantara pulau Gam dan Mansuar. Ikan ini memiliki panjang sayap hingga 4 meter dengan berat hingga 1 ton, yang menjadi ikan terbesar di kelasnya. Panoramanya elok, kehidupan bawah lautnya pun memesona. Bagi anda penghobi underwater photography, Anda bisa memanfaatkan kesempatan diving di Pulau Gam dan merekam semua jejak kehidupan perairan ini dengan pesona kecantikan ikan serta terumbu karangnya.

  1. Blue Magic

Anda juga dapat mencoba spot diving yang juga tidak kalah bagusnya adalah Blue Magic. Di tempat ini anda dapat menemukan Hiu Lonjor, Tuna, dan berbagai ikan lainnya yang muncul ibarat sebuah parade yang ramai. Selain itu, Anda pun dapat melihat keajaiban dari gurita bercincin biru yang sering ditemui di tempat ini.

JIka anda tertarik ingin mengunjunginya, lokasi Blue Magic dekat dengan Pulau Kri. Spot ini pun dapat dicapai dari kota Waisai. Dengan cara masuknya yang cukup rumit dan arus yang cepat, tempat ini menjadi sebuah tantangan bagi para penyelam. Oleh sebab itu, Anda perlu lebih berkonsentrasi dalam menyelam.

  1. Pulau Frondi

Berkunjung di Pulau Farondi 2 lokasi menyelam yang terkenal, yaitu Goa Besar dan Verena’s Garden. Lokasi menyelam di Goa Besar terletak di selatan pulau Farondi. Di sebelah barat, anda akan melihat dinding bawah laut yang dipenuhi plate coral, leather corals dan bermacam warna sea squirts. Sedangkan jika anda ke arah barat laut, akan melewati perkebunan koral lunak yang berwarna kuning. Kemudian Verena’s garden berada di sebelah barat daya pulau Farondi. Keindahannya tak kalah menakjubkan. Daya tarik utama spot ini adalah dinding dan gua bawah laut yang panjangnya hingga ke tengah pulau.

  1. Tanjung Kiri

Tanjung Kiri adalah salah satu Spot Diving terbaik dan selalu menjadi incaran para Penyelam dikarenakan Tanjung Kiri memiliki keanekaragaman biota laut yang sangat mempesona. Saking banyaknya terumbu karang dan ikan didalam perairan Tanjung Kiri, pancaran sinar matahari pun tidak bisa menembus hingga ke dalam. Berbagai ikan dan karang dapat Anda temui di titik ini adalah kakap, fusilier, sweetlips, butterlyfish dan angle fish. Ikan tuna juga menjadi pemandangan umum di Tanjung Kri. Hiu karpet atau wobegong yang biasanya hanya bisa ditemui di perairan Australia pun bisa ditemui disini. Hiu ini memiliki bentuk yang aneh dan berdiam di dasar laut. Dengan kedalaman 10-40 meter serta jarak pandang 10-30 meter, Tanjung Kri menawarkan pemandangan cantik yang tidak akan bisa dilupakan.

 

Sekian dari spot-spot diving yang dapat anda kunjungi jika anda hendak berlibur ke Raja Ampat, anda tidak akan merasa kecewa jika berkunjung ke sana.