Liburan kali ini di Lombok, cobalah berkunjung ke 2 desa ini, desa ini adalah desa unik yang bisa kamu kunjungi. Desa ini sering di sebut dengan desa Sukarare dan Sade. Ada apa sih di sana?
Desa sukarare adalah desa penenun di kota Lombok. Di sini terdapat tradisi bahwa para wanita tidak boleh menikah sebelum bisa menenun. Jadi jika kalian liburan di sini bersama kerabat, kalian bisa langsung belajar menenun sambil liburan di lombok. Para pelancong atau wisatawan bisa mencoba merasakan bagaimana cara menenun sebuah kain. Tenang saja, ada para wanita desa Sukarare yang siap membimbing Anda untuk latihan menenun.

Setelah dari desa ini, tidak ada salahnya jika kalian berkunjung ke desa unik lainya yang bernama desa sade, langsung berangkat menuju desa Sade, tempat tinggal suku Sasak, penduduk asli NTB. Suku Sasak ini beragama Islam. Pakaian wajib mereka adalah memakai bawahan sarung bagi pria dan bawahan kain jarit bagi wanita. Atap rumah suku Sasak terbuat dari alang – alang. Ada satu kebiasaan unik, yaitu membersihkan lantai rumah dengan kotoran kerbau karena dipercaya semakin menguatkan bangunan.

Tradisi yang tidak kalah unik lainnya di Desa Sade ini adalah tradisi menculik pengantin wanita. Sang mempelai pria diwajibkan untuk menculik pengantin wanita tanpa diketahui oleh sang Ayah sebelum pernikahan. Selain itu, ada juga tradisi mengerikan bagi perselingkuhan di sini. Anda yang ketahuan selingkuh di sini, maka siap-siap untuk kehilangan nyawa.

Nah gimana seru kan jika kalian bisa datang dan melihat langsung desa unik yang ada di Lombok? Sesekali kalian bisa liburan di Lombok sambil belajar adat istiadat atau budaya mereka.