Bali memang memiliki banyak sekali wisata alam yang sangat indah, tak terkecuali museum yang di dalamnya ada alat – alat traditional dari jaman dahulu kala yang di buat masih mengunakan tangan. Dan masih banyak lagi seperti pura dan pantai yang memiliki keindahan alami yang bisa membuat siapa pun berdecak kagu melihatnya. Yuk kita simak beberapa ulasan tentang Wisata liburan di Bali

  1. Pura Luhur Batukaru

Objek wisata Pura Batukaru Tabanan Bali, selain tujuan wisata Pura Tanah Lot maupun Pura Ulun Danu Beratan yang dimiliki oleh Kabupaten Tabanan, terdapat juga Pura Luhur Batukaru yang terletak tepat di kaki Gunung Batukaru, Bali.

Pura Batukaru yang terletak di wilayah Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel, Tabanan ini merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang ingin merasakan kesejukan, ketenangan dan kedamaian yang terdapat di Pura Batukaru ini.

Di Kawasan Pura Luhur Batukaru, jika proses upacara keagamaan tidak berlangsung maka kita tidak akan menjumpai toko-toko souvenir ataupun warung-warung yang menyediakan makanan dan yang lainnya yang umumnya bisa dijumpai disebagian besar tempat-tempat wisata di Bali. Sehingga keheningan dan kedamaian akan benar-benar bisa kita rasakan ketika kita mengunjungi Pura Batukaru. Udara sejuk pegunungan dan kicauan burung akan menambah hati semakin tenteram.

  1. Pantai Balian

Objek wisata pantai Balian, mungkin banyak wisatawan tidak mengenal pantai Balian ini karena memang lokasinya jauh dari kota denpasar maupun dari kawasan wisata seperti Kuta, Ubud, Nusa Dua, Sanur, dsb. Selain tempatnya jauh yang terletak di bagian barat dari pulau Bali tapi masih dalam wilayah kabupaten Tabanan, pantai Balian tidak memiliki pasir putih seperti pantai Nusa Dua, pantai Sanur, pantai Kuta, maupun pantai-pantai yang ada di kawasan Uluwatu (Dreamland, Bluepoint, Pandawa, Tegal Wangi, dll). Tetapi jangan salah, pantai Balian ini sangat terkenal di kalangan pecinta surfing atau selancar.

Pantai Balian memiliki ombak yang sangat bagus untuk olah raga surfing dan menjadikannya sebagai salah satu spot yang terbaik untuk surfing di Bali maupun di Indonesia, banyak surfer-surfer dari belahan dunia datang ke Pantai Balian untuk merasakan ombak yang ditawarkan oleh Pantai Balian.

  1. Taman Kupu-kupu Bali Butterfly Park

Tempat wisata Taman Kupu-Kupu Bali Butterfly Park Tabanan, selain kebun binatang yang ada di Bali seperti Bali zoo, Bali Safari and Marine Park, Bali Bird Park, Elephant Safari Park, dsb, terdapat juga Bali Butterfly Park atau taman kupu-kupu sebagai atraksi wisata untuk liburan keluarga di pulau dewata.

Selain sebagai tempat wisata, taman kupu-kupu Tabanan yang terletak di Desa Wanasari ini juga dipergunakan untuk edukasi dan penelitian. Saat ini terdapat dua taman Kupu-Kupu besar di pulau Bali yaitu Tabanan Bali Butterfly Park yang berlokasi di Kabupaten Tabanan dan Kemenuh Butterfly Park yang terletak di Kabupaten Gianyar

  1. Museum Subak

Objek wisata Museum Subak Tabanan Bali, terletak di dekat pusat pemerintahan Kabupaten Tabanan dan hanya 5 menit dari kota Tabanan. Museum Subak sebagai salah satu tempat yang banyak dikunjungi wisatawan dan juga para pelajar maupun mahasiswa. Museum Subak adalah satu-satunya museum di Bali yang memperlihatkan berbagai macam koleksi serta alat-alat tradisional yang digunakan untuk pertanian.

Museum Subak selain sebagai objek wisata juga sebagai tempat untuk memperkenalkan kepada generasi muda maupun wisatawan tentang sistem pengairan (irigasi) di Bali yang unik yang merupakan warisan leluhur dan masih digunakan sampai sekarang yang dikenal dengan nama Subak.

Subak yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia ini memiliki keunikan dalam hal sistem pengairan/irigasi sawah yang menggunakan filosofi “Tri Hita Karana” yaitu filosofi tentang keseimbangan hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan kelompoknya, dan manusia dengan lingkungan serta alam disekitarnya.