Berlibur ke pulau Dewata tidak lengkap kalau anda belum mencoba kuliner-kuliner asli Bali, ada beberapa makanan khas Bali yang kami rekomendasikan kepada anda jika anda datang ke Bali, tentunya anda akan merasakan makanan yang belum pernah anda coba sebelumnya, rasa baru, wangi makanan yang baru dan lain-lain.

Sate Lilit

Mungkin bagi anda yang belum pernah ke Bali akan asing mendengar Sate Lilit, seperti apa itu sate lilit?

Sate lilit adalah makanan khas Bali yang terbuat dari daging Ikan Tenggiri, menjadi makanan yang paling di favoritkan. Namun bagi anda yang ingin selain Ikan Tenggiri, beberapa penjual Sate Lilit tentu memiliki menu lain dengan berbagai macam daging lainnya seperti daging Ayam dan Daging Babi. Sate lilit dibuat sesuai dengan namanya yaitu di lilit, daging dari sate akan di cincang hingga lembut seperti adonan dan diberi bumbu khas Bali kemudian di lilitkan ke batang daun serei atau tangkai bambu.

Lawar

Salah satu makanan khas Bali yang juga wajib anda coba ketika berada di Bali yaitu Lawar merupakan makanan yang terdiri dari campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang dibumbui dengan bumbu khas Bali. Daging yang dicampurkan pun berbagai macam tergantung tiap-tiap rumah makan yang menyajikannya, beberapa dari masakan lawar menambah kelapa sebagai pelengkap didalam makanannya. Jadi bagi anda yang berada di Bali atau merencanakan liburan ke Bali, cobalah Lawar.

 

Rujak Kuah Pindang

Bagi anda yang sangat menyukai rujak, anda dapat mencoba Rujak asal Bali ini yang membuatnya berbeda dengan Rujak-rujak pada umumnya yang manis. Rujak Kuah Pindang tetap menggunakan buah-buah yang terdiri dari Pepaya, mentimun, belimbing dan lain-lain namun yang membuatnya berbeda adalah menggunakan bahan-bahan terdiri dari Kaldu Ikan, garam, terasi kemudian cabai, semua bahan untuk kuah pindang di haluskan secara merata kemudian di campur oleh kaldu dari ikan jadi tidak perlu lagi menambah air.

Nasi Jinggo

Nasi Jinggo sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Nasi kucing alias makanan dengan porsi sedikit, Nasi Jenggo ini pun di isi dengan masakan-masakan dengan bumbu khas Bali sehingga banyak di cari khususnya bagi mereka yang sedang buru-buru pergi sehingga tidak sempat membeli makanan dengan porsi besar, Nasi Jenggo sangat mudah di temukan yang biasanya di jual di pinggiran jalan. Nasi Jenggo biasanya di jual dengan seharga Rp 2000 hingga Rp 4000.

Bulung

Bulung merupakan makanan khas Bali yang menggunakan bahan utamanya adalah Rumput Laut, Bulung disajikan utuh bersama bumbu-bumbu khas Bali. Untuk kuliner Bulung Terdapat dua jenis rumput laut yang biasa digunakan sebagai bahan baku, yaitu bulung buni/ boni dan bulung rambut. Cara pengolahan dan penyajian keduanya pun berbeda. 

Srombotan

Srombotan adalah sayuran khas Klungkung, terbuat dari sayur buah botor muda atau kecipir, terong bulat, pare, toge, kobis yang dimasak setengah matang. Kemudian diberi bumbu disebut kalas yang terdiri dari santan yang diberi tumbukan kunyit, lengkuas, bawang merah dan bawang putih, ketumbar dan sedikit kencur. Cara memasaknya yaitu dengan dimasak hingga kental. Kalas inilah yang menjadi ciri khas serombotan yang dihidangkan harus menggunakan kacang goreng dan nasinya bercampur ubi jalar atau “nasi oran sele” sebutan Bahasa Balinya.

Jadi itulah beberapa Kuliner Khas Bali yang kami rekomendasikan kepada anda yang merencanakan liburan anda ke Bali, jangan lupa untuk mencoba kuliner-kuliner khas Bali yang akan membuat anda ketagihan memakannya.