Pantai nambung terletak di Lombok Barat. Lebih tepatnya kira – kira berada di dusun Pengantap, desa Buwun Emas, kecamatan Sekotong. Ada dua rute yang dapat kita lalui yaitu dari sekotong dan selong belanak. Jika ditempuh dari pusat kota Mataram maka akan memakan waktu sebanyak 2 jam perjalanan dengan kendaraan baik mobil maupun sepeda motor.

Sebenarnya Air terjun itu aslinya berasal dari deburan ombak yang kencang menerjang dan melewati bebatuan sehingga air yang menerpa batuan tersebut seakan menjadi pondasi dari air terjun yang diberi nama Tanjung Jagog. Kita hanya perlu bersabar menanti deburan ombak yang keras tersebut. Sambil menunggu ombak tersebut datang kita bisa juga melihat langsung jejeran rumput laut di sepanjang bibir pantai, karena pantai nambung Lombok ini juga menjadi tempat budidaya rumput laut sebagai mata pencaharian warga sekitar selain menjadi nelayan.

Saat pantai sedang surut, tetap saja masih banyak wisatawan datang kesini, karena keindahannya di balik tebing bebatuan tersebut akan ada kolam alami di tengah-tengah jajaran batu karang dimana air terjun asin itu berada. Kini wisata pulau Lombok yang satu ini semakin gencar dan ramai di perbincangkan oleh wisatawan asing maupun lokal. Tak luput dari turis local maupun manca Negara, mereka datang hanya untuk menantikan air terjun asin Tanjung Jagog diPantai Nambung Lombok. Nah..jangan lupa mampir kesini ya untuk menikmati keindahan alam yang luar biasa ini selama liburan di Lombok

Keindahan Air Terjun Tanjung Jagog ini seringkali menggoda hati para pengunjungnya untuk mengabadikan moment-moment indah itu, tapi walaupun menyenangkan pasti ada resiko nya, jangan sekali kali mandi di bawah terjangan air terjun, karena saat kalian mandi di bawah air terjun, ada saja keluhan pengunjung yang merasakan sakit di punggung, entah itu karena tekanan air yang terlalu keras, atau sebelumnya pengunjung sudah ada penyakit sebelum kesini. jadi kalian harus tetap waspada walaupun liburan di pantai nambung lombok sangat menyenangkan.