Pantai Pink

Siapa bilang pantai pink yang banyak dikenal oleh orang Indonesia cuman ada di Flores, NTT Ternyata di Lombok ada juga, Lho! Ini dia Pantai Pink atau Pantai Tangsi di Jerowaru, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Pantai Pink Lombok adalah salah satu destinasi wisata di Lombok Timur yang populer karena keindahan dan keistimewaan pasirnya yang berwarna merah muda.

Pantai Pink sebenarnya hanya nama lain dari Pantai Tangsi. Pantai Pink sendiri memiliki panjang sekitar 1,5 Km dengan luas bibir pantai 6 meter di kelilingi perbukitan yang membentuk teluk-teluk kecil dan di lautnya terdapat beberapa pulau-pulau kecil yang di sebut Gili. Dulunya Pantai Pink ini digunakan para nelayan-nelayan dari Desa Tanjung Luar, Keruak untuk transit.

Pantai Pink terkenal dengan warna pasirnya yang merah muda karena pasir-pasir di pantainya bercampur dengan karang merah yang mati dan lebur, dan bercampur dengan pasir putih yang membuat pasir pantainya terlihat berwarna pink.

Keindahan Pantai Pink tidak hanya terlihat dari warna pasirnya saja, alam sekelilingnya juga menawarkan keindahannya sendiri dengan hamparan bukit di sekelilingnya. Di sisi kiri bukit dengan padang rumput yang luas dan menawarkan pemandangan indah seluruh Pantai Pink dari atas bukit ini. Dan di sisi kanan ada tanjung yang indah dengan gazebo yang disediakan di atasnya.

Dan tentu saja jika berbicara soal pantai kita tidak lupa untuk melihat keindahan alam bawah lautnya yang juga sempurna karena di hiasi terumbu karang dan kehidupan bawah lautnya. Dengan ombak yang tenang membuat Pantai Pink sebagai spot snorkeling yang cocok.

Pantai Tangsi atau Pantai Pink terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Untuk mencapai Pantai Pink, wisatawan bias lewat rute dari kota Mataram ke Pantai Tanjung Ringgit karena letaknya cukup berdekatan.

  1. Pulau Pasir

Pulau Pasir merupakan salah satu keindahan yang dimiliki Lombok Timur. Biasanya kalau mendengar pulau pasti di tumbuhi dengan pepohonan hijau yang eksotik. Tapi tidak dengan Pulau Pasir dimana seperti namanya pulau ini hanya berisi pasir putih tanpa tumbuhan apapun.

Pulau Pasir ini memiliki keunikan sendiri sebagai “Pulau Pasir Lombok di tengah lautan”. Nama lain pulau ini adalah Gili Pasir.

Pulau ini muncul di tengah-tengah laut ketika air surut, jika anginya berhembus dari arah barat daya maka pulau ini akan muncul mulai dari pagi hari, sedangkan pada musim angin selatan maka pulau ini akan muncul hanya pada sore hari.

Di dekat Pulau Pasir terdapat 3 pulau yaitu Pulau Gili Marengkek, Gili Kambing, dan Gili kecil lainnya. Dan disini mempunyai pemandangan unik dimana saat air surut akan terbentuk jalan pasir menyambung ketiga pulau tersebut.

  1. Pantai Pink 2

Tidak ada masyarakat yang tinggal di sekitar pantai ini, hanya ada hamparan lembah hijau dan perbukitan. Sama seperti namanya pantai ini juga memiliki pasir yang lembut dan berwarna Pink atau Merah Muda.

  1. Pantai Pink 1

Pantai ini lah yang ketika pertama kali di temukan memberikan keunikannya sendiri anda dapat melihat pasir di pantai nya yang terlihat lebih pink dari Pantai Pink 2. Dan kini menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Lombok.

Di sekitar pantai ada banyak warung-warung kecil yang menjual kelapa muda dan juga makanan ringan, berbeda dari tempat sebelumnya kawasan ini di huni oleh beberapa kepala keluarga dan pantai inilah yang di tuju oleh para penempuh jalur darat.

  1. Gili Petelu

Merupakan salah satu spot snorkeling di Lombok, airnya yang jernih membuat anda bahkan bisa melihat dasarnya.

Di dasar laut anda dapat melihat keindahan nya yang luar biasa, di penuhi dengan banyak hewan-hewan laut yang beragam dan ada juga Karang biru, dimana karang ini diketahui hanya hidup di 2 tempat di dunia yaitu di perairan Caribbean dan di Lombok.

  1. Pantai Semangkoq

Pantai ini adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Lombok alasan kenapa pantai ini di sebut dengan Pantai Semangkoq adalah karena bibr pantainya yang melengkung seperti Mangkok.

Akivitas yang bisa anda lakukan di sini adalah snorkeling untuk menikmati keindahan terumbu karang dan kehidupan bawah lautnya. Tempat ini juga merupakan spot para pemancing karena terdapat karang yang berlubang dan di penuhi ikan yang dikenal oleh masyarakat sekitar sebagai sumur ikan.