Nusa Penida merupakan suatu kepualauan kecil yang terletak di bagian selatan Bali. Anda harus terlebih dahulu menyebrang melalui jalur laut untuk mengunjungi pulau kecil ini. Sarana transportasi laut ke Nusa Penida tersedia seperti sampan tradisional (jukung), boat cepat (speed boat), kapal roro Nusa Jaya Abadi (transportasi utama).

Nusa Penida telah berkembang dengan pesat. Hal ini dibuktikan dengan beberapa tahun terakhir, Nusa Penida mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing.  Ada begitu banyak tempat indah, Unik, Mempesona, Eksotis dan tentunya Terbaik untuk menghabiskan liburan anda di Nusa Penida dan untuk tempat-tempat tersebut dapat anda simak dibawah ini.

 

  • Crystal Bay Beach

Crystal Bay atau sering dikenal juga sebagai Pantai Penida menawarkan pemandangan yang mengesankan dan panorama yang indah pada pengunjung. Dikelilingi oleh dua tanjung dan sebuah bukit kecil di laut lepas, masyarakat setempat menyebutnya Batu Jineng. Bagi Anda yang menykai senja, tempat ini sangat di rekomdasikan pada anda karena pantainya yang menghadap langsung kearah barat, Sehingga anda dapat menyaksikan matahari terbenam. Tidak hanya itu, di crystal bay juga anda dapat melakukan aktivitas air seperti Diving, Snorkeling dan lain-lain. Lokas Panati ini berada di Banjar Penida, Desa Sakti, Kec. Nusa Penida.

 

  • Goa Giri Putri

Gua Giri Putri adalah salah satu goa yang berada di Banjar Karangsari, Desa Suana, Kec. Nusa Penida, kab. Klungkung-Bali.  Goa Giri Putri memiliki bangunan pura di dalam Goa ini dan menjadi tempat pemujaan terhadap Dewa Siwa yang dipercaya untuk memelihara dan merawat manusia. Panjang Goa Giri Putri adalah sekitar 262 meter dan ada di 150 meter di atas permukaan laut. Bagian goa memiliki ciri khas yang sangat menarik seperti kelelawar, stalagmit dan stalagtit. Pada bagian dalam goa dapat anda temukan aliran air yang dipercaya sebagai air suci. Masyarakat lokal akan mengunjungi goa ini untuk sembahyang pada hari Kuningan dan Galungan. Bagian lain yang menarik dari goa ini adalah pintu masuknya yang sangat kecil namun ketika berhasil masuk ke bagian dalam goa, anda akan justru melihat bagian dalam Goa yang luas dan besar.

 

  • Angle’s Billabong

Angel’s Billabong  merupakan bidadarinya Nusa Penida. Kata Billabong yang diambil dari Bahasa Inggris ini berarti “ Ujung Dari Sebuah Sungai yang Buntu”. Tempat ini merupakan muara akhir dari sebuah sungai di Pulau Nusa Penida. Di muara sungai ini permukaan airnya sangat tenang dan jernih. Selain itu terdapat pula cerukan-cerukan yang membentuk kolam secara alami yang sangat indah. Dengan berciri khas artistik dan berbatu karang berwarna hijau kuning menambah keeksotisan dari Angel’s Billabong ini. Tempat ini berada di sebelah Pasih Uug. Pengunjung dapat berenang dan bersantai namun tidak dianjurkan ketika sedang datangnya musim gelombang besar untuk menghindari tersapu oleh air laut. Lokasi Angel’s Billabong ini berada di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Bali.

 

  • Gala-Gala Underground House

Gala gala adalah goa buatan manusia. Dikenal juga dengan nama Gala gala underground house. Goa Gala-gala menjadi salah satu destinasi top dari sekian banyaknya objek wisata di Bali. Rumah tersebut dibangun pada tahun 1961 dalam kurun waktu sampai 15 tahun oleh seorang jero Mangku Dalang bernama Mangku Byasa, proses pengerjaannya pada masa tersebut masih menggunakan alat-alat konvensional seperti linggis, menggunakan banyak kotoran sapi yang dibakar sehingga batu kapur lebih mudah digali, goa tersebut kemudian dijadikan tempat tinggalnya, sebuah maha karya yang sangat pantas untuk dihargai dan dijadikan situs warisan budaya.

 

Untuk masuk ke dalamnya anda harus menuruni anak tangga sekitar 2 meter, lorongnya sampai pada kedalaman 7 meter dibawah permukaan tanah, didalamnya anda dapat menyusuri lorong-lorong dan juga terdapat sejumlah ruangan dengan fungsi berbeda seperti tempat meditasi, ruang tidur, ruang tamu, dapur dan juga sumur.

 

  • Tembeling Water Spring

Kolam renang alami yang berada dibawah tebing hutan hijau. Lokasi Tembeling ini berada di Desa Batu Madeg, Banjar Salak, Nusa Penida, Bali. Warga juga menyebutnya dengan sebutan natural swimming Tembeling. Perjalanan dengan trekking dari tempat parkiran menuju mata air Temeling ini akan memberikan pengalaman baru untuk anda. Anda bisa langsung mencoba berenang di kolam renang alami langsung ditengah hutan nan indah.

 

  • Pasih Uug

Pasih Uug memiliki keunikan tersendiri. Anda dapat melihat tebing yang di tengahnya terdapat lubang. Atau sebuah trowongan yang tembus. Air laut masuk ke dalam lubang tersebut, sehingga airnya seperti terperangkap di tengah terowongan. Bentuknya bisa dibilang melingkar dengan tebing-tebing tinggi di sekelilingnya.