Lingkungan yang masih asri dan belum begitu ramai membuat kami team Liburan Bali menjadikan Lombok sebagai kawasan liburan yang akan kita bahas kali ini. Sebagai salah satu lokasi liburan wisatawan mancanegara, membuat Lombok menjadi destinasi pilihan setelah pulau Bali. Berikut ini kami berikan beberapa kegiatan selama kami liburan di Lombok.

 

  1. Menginap di Senggigi

Siapa yang tak kenal pantai yang 1 ini? Pantai Senggigi merupakan salah satu pantai yang paling dan amat sangat terkenal di Pulau Lombok. Kalo di Bali, sengigi ini seperti kuta, jantungnya pulau Bali. Garis pantai sengigi yang panjang dan bersih menyejukkan setiap pasang mata yang memandang.

Walaupun pada saat kami liburan di Lombok terasa lebih panas daripada di Bali, tetapi bisa di obati dengan mendengar deburan ombak yang fantastis dan melihat air Laut Senggigi yang bersih dan jernih, membuat mata ini tidak berhenti berkedip.

  1. Gili meno, Gili air, dan Gili Trawangan

Banyak yang mengira wisata di Lombok, amat sangat membosankan, tapi tenang pada saat kami ke sana selama 6 hari, 3 hari kami habiskan waktu di 3 gili yang ada di Lombok. Gili pertama yang kami singahi adalah gili trawangan, sepintas di sini mirip sekali dengan pantai Kuta, melihat ramai dan wisatawan asing nya yang banyak, mengingatkan saya pada pantai kuta. Jika anda ingin berjalan jalan di sini, ana harus menyewa sepeda atau memesan cidomo, karena alat2 transportasi seperti kendaraan bermotor tidak di perboleh kan di sini. Hari ke 2 kami mencoba ke gili air, dari awal kami melihat gili ini, sudah langsung jatuh cinta, di sini seperti kawasan seminyak Bali tidak terlalu ramai, tapi suasananya sangat amat nyaman. Dan hari terakhir kami mencoba ke gili meno, di meno ini masih sangat sepi di banding 2 gili yang lain, mungkin jika kalian ingin menjauhkan diri dari hingar bingar perkotaan, bisa di coba menginap di gili meno. Berkeliling tiga pulau ini cukup dengan menggunakan kapal, Anda bisa menikmati sejuknya angin laut sambil menikmati keindahan bawah lautnya. Sama seperti Senggigi, Anda tidak perlu repot-repot menyelam ke laut jika tidak ingin basah. Terumbu karang dan ikan cantik aneka warna tetap bisa dinikmati dari atas perahu. Jika ingin lebih maksimal, Anda bisa snorkeling atau menyelam langsung.

  1. Bersepeda dan naik cidomo di 3 Gili

Karena tiga Gili ini tidak memperbolehkan kendaraan bermotor untuk melintas, turis yang datang bisa menggunakan sepeda untuk berkeliling. Biasanya, sepeda disediakan di hampir setiap penginapan di sana.

Rasakan sensasi berkeliling menggunakan sepeda di Gili Trawangan, Air dan Meno. Anda bisa melihat hiruk pikuk kehidupan masyarakat desa Gili ini. Sambil mengayuh sepeda, nikmati juga pemandangan gunung yang terhampar di depan mata Anda. Kemudian parkir sepeda Anda di pantai, dan bersantailah di pasir putihnya.

Selain sepeda, Anda bisa mencoba berkeliling Gili Air, Trawangan atau Meno dengan menggunakan cidomo. Cidomo adalah sejenis kereta kuda khas Lombok, NTB. Bisa dibilang, belum lengkap datang ke Desa Gili kalau belum naik cidomo.

  1. Menghabiskan malam di  Pasar Seni Gili Trawangan

Saat malam tiba, jangan habiskan waktu Anda hanya di dalam kamar hotel. Datanglah ke Central, Pasar Seni yang ada di Gili Trawangan. Di sana, Anda bisa melihat ada banyak bar berjejer di pinggir Pantai Gili.

Central atau biasa disebut pasar seni di Gili Trawangan, mulai ramai saat senja datang dan matahari siap kembali ke peraduan. Pasar seni di Gili Trawangan berbentuk seperti jalan besar menghadap ke Pantai Tengah Gili Trawangan dengan kios dan bar di kanan kirinya. Waktu paling asyik untuk datang ke Central adalah malam hari. Saat itu, seluruh bar dan toko di sepanjang pasar seni ini sudah buka.

  1. Belanja oleh-oleh di Mataram

Waktu pulang pun tiba, kami asyik untuk membeli atau mencari oleh-oleh yang ada di Mataram. Selain pilihan barang lebih banyak jenisnya, Anda juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Ada banyak tempat penjualan suvenir yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah Pasar Mataram. Masuk dan temukan aneka songket atau kain tenun ikat khas NTB. Cocok untuk oleh-oleh kerabat di kota asal.