Ada banyak jalan menuju Roma, begitu juga jalan untuk backpacking ke lombok Cara paling cepat adalah dengan naik pesawat, beberapa maskapai yang melayani jalur penerbangan ke Lombok adalah Garuda Indonesia, Citilink, dan Lion Air.

Cara kedua, dan juga merupakan cara favorit sebagian orang untuk menghemat uang yaitu ber-backpacking ke Lombok adalah perjalanan darat dengan menggunakan sepeda motor lewat pelabuhan Padang Bai, Bali dan Pelabuhan Lembar, Lombok. Cara yang kedua memang tidak secepat yang pertama dengan terbang langsung ke Bandar Udara Internasional Lombok, Praya.

Tetapi dengan cara yang pastinya kalian bisa mendapat banyak pengalaman seru, dan menarik saat menuju Lombok. seperti melihat sunrise dan sunset cdari atas dek kapal yang menyeberangi Selat Lombok.

Sedih memang, jika melihat kondisi transportasi umum di negara ini. Transportasi umum di kota besar saja tidak ada yang beres, apalagi di pulau kecil seperti Lombok. Memang di Lombok ada transportasi umum yang beroperasi, hanya saja akan sangat tidak efisien jika menggunakan transportasi umum tadi untuk mengeksplore Lombok.

 

Selain karena tidak efisien waktu, transportasi umum tadi tidak bisa menjangkau seluruh sudut pulau ini. Lagi – lagi sepeda motor adalah transportasi yang efisien untuk mengexplore tiap sudut pulau ini. Dengan menggunakan sepeda motor, bisa dipastikan time table backpacking ke Lombok tidak akan banyak berbeda dan tidak berantakan, kecuali ada kejadian alam atau hal yang tidak terduga lainnya.

Sepeda motor bisa di sewa di Lombok, atau di Bali jika memutuskan Backpacking Ke Lombok dengan starting point dari Bali. Yang perlu diperhatikan lagi ketika mengexplore dengan sepeda motor, stasiun pengisian bahan – bakar tidak sebanyak di Pulau Jawa.

Jadinya, selalu pastikan bahan bakar sepeda motor cukup sampai stasiun pengisian bahan bakar selanjutnya. atau Paling tidak, menyiapkan bahan bakar cadangan agar bisa menyelamatkan dari kejadian mendorong sepeda motor sampai stasiun bahan bakar minyak terdekat.

Senggigi, Kuta (Lombok Selatan), Gili Trawangan dan Mataram, disitulah area yang terdapat banyak tempat untuk menginap. Mulai dari model hostel hingga resort mahal, semuanya sudah tersedia di Lombok. Tinggal pilih sesuai budget di kantong saja.