nyepi-bali

Parade Festival Ogoh-Ogoh di Bali.

Bali memang sangat menggoda untuk liburan wisata, bahkan saat upacara Nyepi. Di hari Nyepi, wisatawan bisa merasakan syahdunya Pulau Dewata yang tanpa aktivitas. Beberapa orang sering bilang, apa menariknya liburan ke Bali pada saat Nyepi? Memang benar pada hari raya nyepi, hampir tak ada aktivitas sama sekali. Tapi, ini kesempatan untuk anda liburan tenang dan damai di Bali. Mengapa kami bilang demikian? Karena pada hari raya nyepi, di Bali tidak ada aktivitas sama sekali, semua wisatawan yang liburan di Bali tidak boleh keluar hotel, tidak boleh menghidupkan lampu, ini sangat cocok bagi anda yang ingin meditasi atau tepat untuk anda yang ingin melihat kota gelap gulita pada saat malam hari, mungkin ini 1 1 nya kota yang gelap gulita semalaman hanya di Bali. Tapi, bukan berarti liburan Anda di Bali menjadi sia-sia.

Nyepi

Suasana pada saat perayaan Nyepi di Legian.

Jika anda tertarik ingin liburan nyepi di Bali berikut beberapa tips liburan saat Nyepi di Bali bersama pasangan atau keluarga tercinta.

  • Jangan pilih penerbangan H-1 Nyepi

Yang harus dipikirkan saat liburan ke Bali saat Nyepi yaitu jangan memilih penerbangan H-1. Apalagi dengan jadwal kedatangan di Bandara Ngurah Rai di atas pukul 18.00 Wita. Karena bisa dipastikan sebagian jalan utama akan ditutup untuk pawai ogoh-ogoh.
Kendaraan yang akan mengantarkan anda saat liburan nyepi di Bali hanya bisa sampai jarak terdekat. Selanjutnya, wisatawan harus jalan kaki menuju hotel. Semua penerbangan di Bandara Ngurah Rai baru akan dibuka kembali setelah H+1.

  • Bawa senter.

Saat anda liburan ke Bali, anda wajib membawa senter pada saat malam Nyepi, karena pada saat nyepi semua lampu di hotel harus dimatikan termasuk lampu kamar anda. Kecuali jika anda liburan nyepi di bali membawa anak kecil dan lampu baca yang masih diperbolehkan menyala. Tetapi tetap harus ijin manajemen hotel agar di perbolehkan menghidupkan lampu karena anda liburan nyepi di bali membawa Balita.

  • Bawa obat-obatan

Bawalah obat-obatan Pribadi yang anda perlukan, karena untuk berjaga-jaga jika kalian terserang penyakit pada saat liburan di Bali, Semua apotik tutup karena hari raya. Hanya rumah sakit yang boleh buka 24 jam di Bali. Tapi untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan pada saat anda liburan nyepi di Bali. Anda harus jaga kesehatan agar tetap fit untuk melanjutkan perjalanan liburan anda di Bali ke esokan harinya.

  • Membawa perlengkapan renang, buku, iPad atau laptop

Agar anda tidak bosen pada saat liburan nyepi di Bali, anda harus membawa beberapa potong pakaian renang , untuk mengisi waktu liburan nyepi anda dengan berenang dan jangan lupa anda wajib membawa ipad atau laptop, karena pada saat nyepi seluruh stasiun tv Indonesia di matikan, jadi pada saat liburan nyepi di Bali anda tidak bisa menonton TV. Tapi anda cukup membawa ipad/laptop anda sudah bisa streaming di internet, jadi liburan anda di Bali akan tetap menyenangkan.

  • Sedia makanan ringan dan minuman

Sebelum H-1 hari raya nyepi, anda wajib mampir ke mini market terdekat untuk sekedar membeli makanan ringan atau minuman, karena jika anda beli di hotel pasti akan sangat mahal sekali, jadi anda bisa menghemat uang untuk liburan anda di Bali pada saat nyepi.

  • Sediakan uang tunai sebelum Hari Nyepi

H-1 Hari Nyepi, semua mesin ATM sudah dimatikan mulai pukul 18.00 Wita. Jadi kalian harus mempunyai persiapan uang tunai yang cukup selama di hotel untuk beli makan/sekedar membeli minuman, agar liburan kalian di Bali tidak terganggu oleh hal-hal yang tidak di inginkan.

  • Tanyakan pihak hotel tentang pelayanan selama Nyepi

Anda wajib bertanya pada pihak hotel, paket liburan nyepi apa saja yang anda dapatkan selama liburan nyepi di Bali, apakah anda mendapatkan makan mulai dari breakfast, lunch, dinner, atau hanya breakfast saja. Ini untuk berjaga-jaga agar anda tidak kelaparan selama liburan nyepi di Bali. Jika anda memang hanya mendapatkan breakfast saja anda harus siap-siap membeli popmie, atau roti untuk mengisi perut anda saat liburan nyepi di Bali.

  • Isi waktu dengan berbagai kegiatan di hotel

Isi waktu anda dengan beraneka ragam kegiatan liburan di bali di dalam hotel. Bagi anda yang memilih hotel berbintang biasanya anda bisa melakukan kegiatan selama liburan nyepi di Bali seperti, Spa, berenang, dan fitness, semua anda bisa lakukan hanya di dalam hotel selama liburan nyepi di Bali.

  • Jangan membuat keributan atau keluar dari hotel

Jangan membuat keributan atau keluar dari hotel, karena biasanya para petugas hotel atau pecalang akan memperingatkan Anda. Bahkan jika anda sampai jalan-jalan di luar hotel saat liburan nyepi di bali, anda bisa di tangkap dan di bawa ke kantor desa setempat untuk di sidang. Jadi anda harus hindarkan hal-hal yang tidak di inginkan agar liburan anda di Bali tetap nyaman.

  • Kurangi cahaya lampu kamar saat malam hari

Saat anda liburan nyepi di Bali, ketika malam tiba, buat lampu kamar Anda agak samar. Dilarang hidupkan lampu-lampu besar yang bisa terlihat dari luar kamar, Karena dilarang menyalakan lampu sampai jam 06.00, jika anda menyalakan lampu manajajemen hotel anda akan kena teguran dari Pecalang setempat, jadi buat waktu liburan anda selama di bali jadi tidak terlupakan.

  • Coba keluar kamar (hanya di dalam hotel) saat malam

Liburan nyepi di Bali tidak lengkap jika anda tidak keluar kamar untuk menikmati Bali saat gelap gulita. Karena moment ini hanya terjadi setahun sekali, jadi anda wajib melihat keindahan pulau bali saat malam nyepi, kami jamin liburan nyepi anda di bali akan semakin berkesan. Pulau Dewata yang biasanya dipenuhi kerlap-kerlip lampu, hanya disinari bulan dan bintang yang bersinar, cukup membuat anda berdecak kagum oleh indahnya malam nyepi.
Nyepi adalah saat perenungan. Seandainya ritual ini dilakukan di seluruh Indonesia, bisa dibayangkan penghematan energi yang begitu besar. Setelah Nyepi berakhir, masyarakat Bali akan saling bersilaturahmi dan sembahyang di pura keluarga untuk merayakan Tahun Baru Saka.