Pulau Bali tentu menjadi pilihan utama bagi para wisatawan. Eh tapi bentar dulu, sebagian wisatawan malah datang ke Lombok. sejujurnya mana yang terbaik, Bali atau Lombok?

Bali dan Lombok tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan  masing-masing. Ada banyak keunggulaan Bali dan Lombok, tapi banyak juga kekurangan dari masing-masing berikut ini kami coba rangkum untuk kalian yang akan mengisi liburan di Bali, agar tidak menyesal di kemudian hari.

Pulau Bali

Pulau Dewata adalah primadona pariwisata Indonesia mulai tahun 1980-an. bahkan Bali seperti identik dengan wajah pariwisata Indonesia. Kuta, Ubud, Sanur dan Nusa Dua adalah destinasi di Bali yang populer sejak dulu, wisatawan keluar masuk di situ.
Namun turis tidak pernah bosan dengan Bali. Surfer tak pernah lelah membelah ombak di Pantai Kuta, sementara gadis-gadis seksi berbikini berjemur di pantainya. Legian selalu ramai di malam hari. Ubud selalu menjadi tempat yg sangat sempurna dengan hawa pegunungan yang segar, teras sawah yang hijau, danau dan pura yang mengagumkan.

Hebatnya lagi, selalu ada destinasi baru yang muncul di Bali. Dari Nusa Dua dan Jimbaran, wisatawan kini beralih ke aneka pantai-pantai di Uluwatu. Pantai Pandawa baru populer 2 tahun belakangan ini lho!
Untuk yang di Ubud, mereka menjelajah terus ke Desa Panglipuran di Bangli, ke utara sampai Pantai Lovina dan ke arah Barat sampai Taman Nasional Bali Barat. Rupanya, Bali belum habis dieksplorasi!

Walaupun lebih ramai dari Lombok, tapi Bali punya fasilitas lengkap dan gampang akses. Banyak tempat hiburan sama event kreatif juga.

Namun sisi negative di Bali yaitu, Bali overcrowded di beberapa destinasi mainstream. Bali juga terlalu komersil dan mahal. Siap-siap juga macet menuju lokasi wisata populer. Sampah laut yang terbawa arus ke Pantai Kuta, sering merusak keindahan dan beberapa kasus scamming wisatawan, bisa menjadi pengalaman menyebalkan.

Pulau Lombok

Nah untuk pulau yang 1 ini, kebanyakan dari mereka yang memilih Lombok untuk liburan kali ini, karena mereka sudah pernah ke bali atau sudah bosen ke Bali. Jadi mereka pilih alternative lain yaitu ke pulau Lombok.

Pantainya memang tidak kalah kerenya dari pantai di Bali. Ombak yang cukup besar juga tak kalah kerenya dari Bali. Wisatawan asing lebih bisa menikmati suasana nyaman dan indahnya alam saat liburan di Lombok, karena tempat – tempat wisata di sini tak begitu ramai seramai di Bali.

Yang pasti kalian ketahuiPrimadona Lombok adalah 3 pulau bertetangga yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Ini adalah destinasi wajib para wisatawan domestik dan mancanegara. Suasananya juara! Ini adalah pulau bebas kendaraan, suasananya asyik dan pesta-pesta menunggu di setiap malam.

Sementara di pulau utama Lombok ada Pantai Senggigi, Pantai Sekotong dan bahkan Pantai Tangsi alias Pantai Pink karena pasirnya merah muda. Mau gili yang lebih sepi, ada Gili Nanggu. Lombok juga boleh diadu kekayaan budayanya dengan Bali. Coba saja ke Desa Sade, desa adat ini menjadi favorit wisatawan pemburu kain tenun.