Siapa tak kenal provinsi satu ini? Bagi dunia internasional, Bali lebih dikenal daripada Indonesia sendiri. Kekentalan budaya dan indahnya alam di Pulau Dewata ini menggoda banyak turis untuk berdatangan untuk sekedar mengisi liburan di Bali. Anda mungkin sudah sering mendengar tentang tempat wisata di Bali yang menjadi tujuan wisata saat liburan di Bali. Tetapi tahukah Anda bahwa masih banyak tempat-tempat wisata yang anda belum ketahui walaupun anda sudah ber kali-kali liburan di Bali.

pulaumenjangan

Pulau Menjangan

Pulau Menjangan surga bagi para wisatawan yang hobi diving dan snorkelling saat liburan di Bali, cuma banyak orang yang belum begitu mengetahui keberadaan pulau ini. Pulau ini merupakan pulau kecil yang terletak di 5 mil barat laut pulau Bali dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Menjangan dalam bahasa setempat berarti rusa / kijang dikarenakan pulau ini di huni kawanan rusa atau kijang liar. untuk menuju ke Pulau menjangan kita pergi ke Pelabuhan Banyuwedang, Pelabuhanya letaknya bersebelahan dengan Mimpi Resort. Banyak wisatawan yang belum Tau tentang pulau menjangan ini, kebanyakan yang mengetahui adalah turis yang hobi Diving di pulau menjangan ini di terkenal dengan Wall Diving  terbaik,Jadikan liburan anda menakjubkan di pulau ini. Pulau ini tidak berpenghuni, di dalam lautnya yang biru jernih, hidup biota laut seperti anemon, coral garden, lion fish, terumbu karang, penyu, bintang laut, lumba-lumba, dan bahkan kapal karam yang diselimuti terumbu karang, jadi tunggu apalagi, saatnya anda liburan di Bali sekarang juga untuk melihat keindahanya.
Taman Nasional Bali Barat.

Bagi Anda yang suka liburan di bali sambil wisata alam, maka Taman Nasional Bali Barat bisa menjadi referensi terbaik untuk dikunjungi pada liburan anda di Bali kali ini. Taman Nasional Bali Barat (West Bali National Park). Ada banyak sekali margasatwa dan berbagai macam tumbuhan yang hidup dan dilindungi di Taman Nasional Bali Barat ini. Diantaranya yakni Jalak Putih Bali dan juga Banteng. Salah satu keunggulan yang dimiliki Taman Nasional Bali Barat ini yakni dapat meningkatkan fungsi konservasi baik flora, fauna, ataupun ekosistem. Jika Anda ingin mengisi liburan di bali, kami sarankan ke taman nasional ini, Anda juga akan disuguhkan beberapa objek rekreasi lainnya seperti Teluk Terima.

Daerah Teluk Terima merupakan objek wisata liburan rekreasi berupa teluk, hutan musim, satwa, maupun makam Jayaprana. Sementara rekreasi laut yang bisa juga dikembangkan di daerah ini seperti mendayung, memancing, maupun menyelam untuk menikmati berbagai keindahan dasar laut. Tepat sekali untuk liburan anda kali ini, apalagi jika mengajak keluarga anda, pasti akan semakin seru.

gunungkawi

Candi Gunung Kawi

Candi Gunung Kawi merupakan bukti bahwa keindahan Bali tak hanya terletak pada alamnya yang menawan dan asri, namun pada peninggalan sejarahnya yang juga kental, anda bisa banyak belajar sejarah saat liburan di Bali. Adalah Candi Gunung Kawi inilah yang bisa dijadikan lokasi wisata liburan sejarah di Bali yang layak untuk dikunjungi pada saat anda liburan di Bali. Tepat di sebelah tenggara kompleks candi ini terdapat sebuah wihara yang dijadikan sebagai tempat tinggal pendeta Budha. Peninggalan candi dan wihara ini bisa ditafsirkan sebagai penghargaan atas keragaman agama dan budaya yang sudah ada di Bali sejak dahulu kala. Sehingga dengan liburan ke Candi Gunung Kawi di Bali, anda dapat belajar mengenai sejarah sambil mengisi waktu liburan anda di bali, belajar kebudayaan, dan sekaligus menikmati keindahan alam di sekitar kompleks candi yang dijamin mempesona, membuat liburan anda selama di Bali makin mempesona.

bajrasandhimuseum

Museum Monumen Perjuangan Bali

Liburan di Bali tidak lengkap rasanya jika anda tidak mengunjungi museum, Karena ini salah satu cara mengenal sebuah daerah melalui museumnya. Jika Anda ingin mengenal sejarah Bali sambil liburan di Bali, datang saja ke Museum Bajra Sandhi saat anda liburan ke bali. Museum yang juga dikenal dengan nama Monumen Perjuangan Rakyat Bali ini berdiri megah di tengah Lapangan Renon, Jalan Raya Puputan, Denpasar Timur, Denpasar. Karena menjadi simbol perjuangan rakyat Bali, arsitektur museum ini tak lepas dari nilai-nilai filosofi. Misalnya, anak tangga di pintu utama berjumlah 17. Di dalam monumen terdapat 8 tiang besar yang disebut Tiang Agung. Sedangkan monumen yang menjulang di bagian tengah berketinggian 45 meter. Bisa ditebak, angka-angka itu sama dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 1945. Di jamin seru deh jika kalian liburan wisata di Bali sambil belajar sejarah, apalagi jika kalian membawa serta anak-anak kalian, mereka bisa mengisi waktu liburan mereka di Bali sambil belajar sejarah. Wah pasti bakal jadi liburan di bali yang tidak terlupakan.

puragoalawah

Pura Goa Lawah

Pura Goa Lawah merupakan salah satu tempat suci bagi umat Hindu sekaligus sebagai tujuan liburan di Bali bagi para wisatawan mancanegara jika berkujung ke Bali, sehingga hampir setiap hari ada saja pengunjung yang datang ke pura ini untuk sembahyang atau sekedar foto-foto bagi wisatawan asing yang non Hindu. Pura Goa Lawah memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pura yang lainnya di Bali, karena di dalam pura ini ada sebuah gua yang dihuni oleh ribuan kelelawar, jadi inilah salah satu daya tarik wisata liburan di Bali. Goa Lawah terdiri dari kata goa dan lawah, dimana kata lawah berarti kelelawar. Sempatkan diri anda untuk mengunjungi tempat liburan wisata ini pada saat anda liburan di Bali.

BukitJambul

Bukit Jambul

Jika anda ke objek wisata liburan pura besakih, sempatkan mampir ke Bukit jambul tidak jauh dari Besakih, terdapat bukit yang di sebelah baratnya mempunyai pohon besar dan rindang, membuat bukit berbentuk seperti jambul tepat sekali di kunjungi saat anda liburan di Bali. Inilah alasan kenapa bukit ini mempunyai nama yang unik. Di tempat ini kadang menjadi tempat singgah bagi wisatawan yang ingin melanjutkan perjalanan ke Pura Besakih, meski pemandangan tempat ini sendiri membuatnya menjadi tempat wisata liburan di Bali yang tidak kalah menarik. Hamparan sawah hijau ini akan membuat liburan anda di Bali semakin rileks dan nyaman.

bamboochocfactory
Bamboo Chocolate Factory

Bagi pecinta coklat, Anda wajib membawa oleh-oleh coklat saat liburan di Bali untuk sanak saudara anda. Anda bisa datang ke Bamboo Chocolate Factory yang memproduksi coklat bermerk Big Tree Farms saat liburan di Bali. Bangunan pabriknya cukup unik, terbuat dari bambu terbaik dengan arsitektur khas Bali, dan mereka memakai bambu terbesar di dunia. Di sana anda bisa melihat proses pembuatan coklat loh sekaligus mencicipi rasanya. Jadi terasa mantab saat liburan di Bali anda bisa mampir sebentar untuk mencicipi bahkan untuk di jadikan buah tangan pada liburan anda.