Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan sebuah propinsi di bagian timur Indonesia, berseberangan dengan Pulau Bali. Jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi pulau ini, ada baiknya untuk membaca beberapa review untuk menentukan tempat mana saja yang harus Anda datangi. Sebab di kawasan ini, banyak terdapat tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi. Berikut merupakan daftar 5 tempat wisata menarik yang bisa Anda datangi saat berkunjung ke NTB.

 

  1. Gunung Rinjani

Nama Gunung Rinjani tentu sudah tak asing ditelinga para wisatawan, terlebih bagi Anda yang mengaku sebagai pendaki dan pecinta alam. Kawasan yang berada di Lombok ini telah ditetapkan sebagai taman nasional, yaitu sebuah ekosistem yang dilindungi pemerintah dengan karakter hutan hujan pegunungan dan juga savana.

Kawasan taman nasioanl  ini memiliki luas areal sekitar 40 ribu hektar. Gunung yang memiliki tinggi 3.726 mdpl ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci.

Selain menyuguhkan jalur yang menjadi surga bagi para pendaki, gunung ini juga menyimpan keeksotisan lain yaitusebuah danau kawah yang disebut dengan Danau Segara Anak. Menurut kepercayaan setempat, saat orang melihat danau tersebut dan terlihat Danau Segara Anak luas, maka usia orang yang melihatnya masih panjang. Dan sebaliknya, jika danau terlihat sempit, berarti orang yang melihatnya akan berusia pendek. Penduduk yang meyakininya menyarankan untuk melakukan bersih diri agar memiliki jiwa tenang sebelum melihat kembali danau tersebut. Selain bagus untuk dijadikan spot berfoto, danau ini ternyata juga bisa digunakan sebagai tempat memancing.

  1. Air Terjun Mata Jitu

Air terjun mata jitu terletak di Pulau Moyo, tepatnya di Dusun Oiramu, Desa Labuhan Aji, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa. Air terjun ini juga memiliki julukan unik yaitu Air Terjun Lady Diana, sebab menurut cerita, dulu Lady Diana pernah berkunjung ke air terjun ini, bahkan mandi di bawah guyuran air terjun yang terbilang sangat jernih ini. perlu Anda ketahui, aliran air di air terjun ini juga sangat tenang serta memiliki warna indah, yaitu hijau ke biruan.

Ada 7 kolam disekitar air terjun yang tak boleh digunakan untuk mandi dan berenang. Namun pihak pengelola tetap menyediakan tempat khusus untuk wisatawan yang berkeinginan melakukan kegiatan berenang serta mandi.

Untuk bisa sampai di air terjun ini, Anda membutuhkan waktu sekitar 20 menit perjalanan darat dari Desa Labuan Aji dengan menggunakan sepeda motor. Anda juga akan mendapatkan bonus pemandangan alam hutan dan juga perkebunan jambu mete milik warga sekitar.

  1. Pantai Ai Manis

Pantai ini terletak di sebelah selatan Pulau Moyo. Ada beberapa alternatif akses untuk menuju ke Pantai Ai Manis, misalnya melalui Labuhan Sumbawa, Tanjung Pasir, Pantai Kencana atau Ai Bari Kecamatan Moyo Utara.

Jika Anda memilih untuk berangkat dari Tanjung Pasir, maka waktu tempuh normal biasanya 20 menit dengan naik kapal motor. Namun jika Anda memilih jalur Pantai Kencana atau Labuhan Sumbawa, setidaknya Anda memerlukan waktu 60 menit. Dan apabila Anda ingin berhemat, ada bainya untuk berangkat dari Ai Bari Kecamatan Moyo Utara, terletak sekitar 2 km sebelah Utara kota Sumbawa Besar.

  1. Rumah Adat Sade

Rumah Adat Sade merupakan rumah adat yang ada di dusun Sade. Dusun ini terletak di Desa Rambitan, kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Penduduk dari dusun ini merupakan Suku Sasak, yaitu suatu komunitas yang masih memegang teguh tradisi dari nenek moyang Lombok hingga era modern ini.

Kehidupan keseharian yang ada di masyarakat Dusun Sasak masih sangat kental dengan tradisi nenek moyangnya. Oleh karena itu, Dusun ini ditetapkan sebagai desa wisata di profinsi Nusa Tenggara Barat.

Suku Sasak yang ada di Dusun Sade juga memiliki keunikan dalam hal karakteristik rumah yang dihuninya. Rumah mereka terbuat dari bambu dengan atap yang berasal dari daun alang-alang.

  1. Pantai Senggigi

Pantai ini cukup terkenal untuk para wisatawan yang sering berkunjung ke Lombok. Dengan keindahan pantainya, tak sedikit wisatawan dari luar negeri yang kepincut untuk mengunjunginya.

Pantai Senggigi memiliki pemandangan garis pantai panjang yang begitu mempesona. Anda bisa melihatnya dari kejauhan bahkan dari ketinggian. Dengan suguhan garis pantai yang panjang dan tegas tersebut, akan timbul gradasi warna pasir pantai yang eksotik. Air lautnya juga berombak tak begitu besar, airnya jernih belum tersentuh sampah.