7 pantai di canggu yang Jarang diketahui

Jika anda mendengar kata pantai di Bali, pasti di pikiran anda selalu identik dengan Kuta, Seminyak, dan Sanur, tetapi tau kah kamu jika ada satu pantai menarik lain yang dapat anda kunjungi saat berlibur ke Pulau Dewata. Terutama bagi anda pecinta pantai, tentu yang satu ini tak boleh untuk dilewati. Wilayah yang lokasinya dapat ditempuh kurang lebih 20 menit dari Seminyak ini, berada di pesisir pantai yang memanjang hingga 8 kilometer, yakni Canggu.

Selama ini Canggu terkenal akan 3 hal, yakni suasana pedesaan yang kental dengan hamparan padinya, deretan vila-vila dengan berbagai tipe dan gaya, dan ombak pantainya yang menjadi spot para peselancar di seluruh dunia. Bahkan sempat masuk CNN. Berikut ini kami

1. Pantai Canggu

Pantai canggu Berjarak kurang lebih 20 menit di sebelah utara Pantai Kuta, Pantai Canggu mempesona jutaan mata para wisatawan dengan hamparan pasir hitamnya dan ombak besar yang ideal untuk para peselancar. di seberang pesisir pantai, anda juga dapat menikmati petak-petak sawah yang menguning, ditemani suara burung yang beterbangan dan sambil melihat matahari terbenam di kejauhan. Tempat wisata ini juga dilengkapi oleh beragam fasilitas yang lain, seperti vila, resort, hotel, restoran dan cafe. Maka tidak heran pantai ini sempat masuk peringkat 39 dari daftar 100 pantai terbaik di dunia tahun 2013. Di antara banyak pantai ternama di Bali, Pantai Canggu yang berlokasi di Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, menjadi salah satu pantai yang paling layak dikunjungi saat anda berlibur di Bali.

2. Pantai Berawa

Pantai ini terletak di Banjar Berawa, Desa Canggu, kurang lebih 15 km dari pusat Kota Denpasar. Dengan lokasi agak terpelosok di antara perumahan dan vila-vila yang disewakan, Pantai Berawa dijamin tidak mengecewakan dengan pemandangan lautnya yang tenang dan suasananya yang nyaman.

Ciri khas dari pantai ini adalah pasir pantainya yang masih putih dan deburan ombaknya yang kencang untuk berselancar. Adanya restoran yang menawarkan menu seafood yang mengugah selera akan semakin memeriahkan suasana. Jadi sambil menyantap es kelapa muda segar dan ikan bakar, para pengunjung dapat menikmati sunset. Akan memeriahkan liburan Bali anda kali ini.

3. Pantai Batu Mejan (Echo Beach)

Masih berada sekitaran Desa Canggu, kurang lebih 48 menit perjalanan dari Bandara Ngurah Rai, Echo Beach dapat menjadi tujuan dari para wisatawan selanjutnya. Pada mulanya pantai ini bernama Pantai Batu Mejan, namun setelah terbangunnya restaurant pinggir pantai yang bernama Echo Beach, nama itu langsung melekat di telinga wisatawan sampai sekarang.

Echo Beach ini terletak persis di sebelah Pantai Canggu, aktivitas yang cocok dilakukan di tempat ini adalah berenang, berjemur, atau berselancar sembari menikmati datangnya matahari terbenam. Pantai ini menawarkan kalian suasana yang tenang, sepi, dan bersih. Oleh karena itu tempat ini sangat cocok untuk anda yang tidak suka keramaian.

4. Pantai Batu Bolong

Seperti halnya pantai – pantai di atas, objek wisata di Canggu, Pantai Batu Bolong dapat dicapai dalam 40 menit dari Bandara. Nama pantai ini diambil dari nama Pura Batu Bolong yang berdiri kokoh di pinggir pantai, di mana kadang bisa anda jumpai prosesi upacara Melasti oleh warga Hindu di seputaran Denpasar, Tabanan, Badung, dan sekitarnya.

Tidak seperti pesisir lainnya di kawasan Bali Selatan, Pantai Batu Bolong memiliki pasir pantai hitam keabuan dan ombak besar yang ideal untuk berselancar. Bila anda tidak suka surfing, banyak juga aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini, seperti berjemur, berenang, atau sekadar berfoto saat matahari terbenam. Fasilitas yang ada di sini juga sudah lengkap, diantaranya areal parkir yang cukup luas, toilet, restoran, penyewaan papan surfing dan payung pantai.

5. Pantai Nelayan

Pantai Nelayan terletak di antara dua pantai terpopuler di Canggu lainnya, yakni Pantai Batu Bolong dan Pantai Berawa. Pantai ini biasanya dijadikan oleh para nelayan sebagai tempat persinggahan setelah melaut semalaman dengan hasil tangkapan ikan segar. Menawarkan suasana pantai yang penuh ketenangan, Pantai Nelayan cocok dikunjungi saat matahari terbenam.

Pantai ini tidak terlalu bagus untuk kegiatan surfing karena ombaknya tidak terlalu besar seperti Pantai Batu Bolong. Para wisatawan yang kemari biasanya berjemur dan bermain pasir, menikmati segelas minuman dingin di bawah pohon kelapa yang tumbuh dekat vila-vila sekitar. Tidak dianjurkan datang saat musim hujan antara Desember sampai Februari.

 

6. Pantai Pererenan

Hamparan pasir hitam dan karang-karang di sepanjang garis pantai menjadi ciri khas dari Pantai Pererenan. Menawarkan panorama laut lepas dengan gulungan ombaknya yang besar, Pantai yang masuk kawasan desa adat Canggu ini selalu menjadi incaran favorit para peselancar.

Selain para surfer yang dengan lihai menari di atas deburan ombak, pantai ini juga sering dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menyepi dan melakukan relaksasi. Suasana yang jauh dari keramaian, serta tidak banyak turis yang berlalu lalang, membuat Pantai Pererenan layak dikunjungi oleh penikmat pantai yang ingin mencari ketenangan. Pantai ini bahkan menjadi jalur khusus untuk safari kuda, biasanya saat senja merapat dan matahari terbenam di ufuk barat.

7. Pantai Seseh

Bila anda menyukai suasana pantai yang tenang dan alami, Pantai Seseh bisa menjadi alternatif tempat liburan anda di Bali. Tidak seperti Pantai Kuta dan Legian yang berpasir putih, pantai yang terletak di Desa Munggu, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung ini menjanjikan panorama alam yang asri dengan pantainya yang berpasir hitam.

Sebelum memasuki kawasan pantai yang berjarak kurang lebih 15 km dari Kota Denpasar, para pengunjung akan menikmati areal persawahan yang hijau membentang. Pantai ini memiliki gelombang besar dengan garis pantai yang melebar sehingga paling cocok untuk kegiatan kitesurf dan selancar. Oleh penduduk sekitar, Pantai Seseh juga sering digunakan untuk menggelar upacara keagamaan, seperti Melasti dan Melarung Bumi. Fasilitas yang terdapat di tempat ini, antara lain, tempat parkir, vila, restoran, café, dan masih banyak lagi.