Pantai Batu Payung terletak di Pulau Lombok tepatnya di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah bagian selatan, yang terkenal karena sebuah karang besar yang mirip payung di pesisirnya.

Pantai ini mulai terkenal setelah kemunculannya di sebuah iklan rokok. lokasi dari pantai batu payung terletak bersebelahan dengan pantai tanjung aan lokasinya tepat di belakang bukit yang memisahkan antara pantai tanjung aan dan pantai batu payung, pantai batu payung merupakan salah satu pantai yang unik dan berbeda, salah satu yang menyebabkan pantai ini unik dan berbeda dari pantai pada umumnya adalah tidak memiliki hamparan pasir hitam maupun pasir putih di sepanjang pantai, sisi-sisi dari pantai ini hanya terdapat bebatuan-bebatuan besar yang salah satunya adalah batu besar berbentuk serupa dengan payung.

Untuk mengunjungi pantai ini terbilang cukup sulit untuk di capai karena letaknya tersembunyi di balik bukit. Untuk mencapai Pantai Batu Payung bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu lewat jalur darat dan jalur laut. Jika anda ingin menggunakan jalur darat, anda dapat memulai perjalanan dari Pantai Muluq, Pantai yang berada di sebelah timur Pantai Tanjung Aan. Dari sana anda dapat berjalan melewati pinggir bukit sekitar 30 menit. Perlu diperhatikan dan di tandai bahwa anda dapat mengunjungi Pantai Batu Payung dengan berjalan kaki hanya pada saat air laut sedang surut. Air laut surut bisa pada pagi hari ataupun sore hari tergantung dari gelombang laut.

Jika anda tidak ingin lelah berjalan, anda juga dapat menggunakan perahu dari Pantai Tanjung Aan. Terdapat banyak sekali perahu milik nelayan yang dapat anda sewa dengan harga berkisar Rp.150.000-Rp.350.000 tergantung dari jumlah penumpang. Akan tetapi, jika gelombang laut terlalu tinggi, perahu nelayan tidak dapat melewati ombak yang datang langsung dari Samudera Hindia. Demikian juga jika air laut sedang surut, anda juga tidak dapat menggunakan perahu jadi waktu yang tepat untuk menggunakan perahu adalah pada siang hari.